Pamuji, Heri (2018) Pengaruh strategi mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa kelas X jurusan ilmu pengetahuan sosial SMA Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14130130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dunia pendidikan memerlukan kreativitas, yang harus dimiliki oleh peserta didik, kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dalam bentuk ide/gagasan maupun karya. Kreativitas dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu strategi mengajar guru dan lingkungan sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan pengaruh strategi mengajar guru terhadap kreativitas siswa, (2) untuk menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa, dan (3) untuk menjelaskan pengaruh strategi mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa kelas X jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner untuk mengetahui pengaruh strategi mengajar guru terhadap kreativitas siswa, pengaruh lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa, dan pengaruh strategi mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dan dibantu program SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi mengajar guru terhadap kreativitas siswa. Karena strategi mengajar guru yang baik selalu dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap kreativitas siswa. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa, karena lingkungan sekolah yang kondusif, nyaman, bagus serta tersedianya fasilitas maka akan menambah kreativitas siswa, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa, karena strategi mengajar guru yang baik maka akan menambah kreativitas siswa dan lingkungan sekolah yang baik dan mendukung akan meningkatkan kreativitas siswa. Kesimpulannya yaitu (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi mengajar guru terhadap kreativitas siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas siswa.
ABSTRACT
The world of education requires of creativity, which must be owned by learners, creativity is the ability to create something new in the form of ideas and works. Creativity by several factors such as teacher teaching strategy and school environment.
The purpose of this research are (1) to explain the effect of teacher's teaching strategy toward students’ creativity, (2) to explain the effect of school environment toward students’ creativity, and (3) to explain the effect of teacher teaching strategy and school environment toward students’ creativity of tenth class of Social Science department at SMAN 1 Panggul Trenggalek District.
The approach used in this research is quantitative with the type of correlational research. Instrument used is questionnaire to know the effect of teacher teaching strategy toward students’ creativity, the effect of school environment toward students’ creativity, and the effect of teacher teaching strategy and school environment toward students’ creativity. The analysis used in this research is multiple linear analysis and assisted SPSS program version 24.
The results showed that: (1) there is a positive and significant effect of teacher's teaching strategy toward students’ creativity. Because a good teacher teaching strategies can always give a positive influence against creativity of students. (2) there is positive and significant effect of school environment toward students’ creativity, because a conducive school environment, comfortable, good as well as the availability of facilities it will add to the student's creativity, and (3) there is positive and significant effect of teacher teaching strategy and school environment toward students’ creativity, because a good teacher teaching strategies, it will add to the student's creativity and a good school environment and support will enhance the creativity of the students. The Conclusion (1) there is a positive and significant effect of teacher's teaching strategy toward students’ creativity, (2) there is positive and significant effect of school environment toward students’ creativity, (3) there is positive and significant effect of teacher teaching strategy and school environment toward students’ creativity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Mengajar Guru; Lingkungan Sekolah; Kreativitas Siswa; Teacher Teaching Strategy; School Environment; Student Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2018 15:27 | ||||||
Last Modified: | 13 Aug 2018 15:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |