Mazidah, Zulfa (2018) Pengaruh pola asuh orangtua dan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al-Muwazanah Gondang Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14130126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar adalah keberhasilan usaha yang dicapai seseorang setelah memperoleh pengalaman belajar. Prestasi belajar dibidang pendidikan dapat diartikan sebagai hasil pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan pisikomotor. Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al-Muwazanah Gondang Kediri. (2) pengaruh ketrampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al-MuwazanahGondang Kediri. (3) pengaruhpola asuh orangtua dan ketrampilan mengajar guru terhadap pretasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al-Muwazanah Gondang Kediri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan nilai UTS siswa kelas VIII MTs Al-Muwazanah Gondang Kediri. Data dianalisis dengan ujivaliditas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Selanjutnya dipaparkan dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar dengan tingkat koefisien sebesar 0.651. (2) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien sebesar 0.083. (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh orangtua dan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitungsebesar 3,951> Ftabel 3,19 dan nilai signifikasinya 0,026 < 0,05. Sehingga ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
ABSTRACT
Learning achievement is exertion success achieved someone after getting learning experience. Learning achievement in education sector, it can be interpreted as measuring output toward the student including affective, psikomotor, and cognitive factor. It is influenced by two factors. Those are internal and external factor.
The research has a purpose to punctuate : (1) parent care model influence by Learning achievement of MTs Al - Muwazanah student grade VIII of social of social knowledge skill Gondang Kediri. (2) teacher teaching skill effect toward learning achievement of MTs Al - Muwazanah student grade VIII of social knowledge skill Gondang Kediri. (3) parent care model effect and teacher teaching skill toward learning achievement of MTs Al - Muwazanah student grade VIII of social knowledge skill Gondang Kediri.
The approach used in this study is a quantitative approach with the type of correlation. Instrument used in this study is a questionnarie and the value of the middle of semester test students VIII MTs Al - Muwazanah Gondang Kediri. Data ini the analysis with validity test, classical assumption test and hypothesis testing, then in explaining and drawn conclusion.
Research results show that. (1) There is partially significant and positive influence between parenting parent to learning achievement with coefficient level of 0.651. (2) There is no significant and positive influence between teacher's teaching skill to student achievement with coefficient value of 0.083. (3) There is significant and positive effect between parenting parent and teacher's teaching skill to student's learning achievement by value F arithmetic 3.951 < flist 3.19 and significant value 0.026 > 0.05 so this indicates that Ho accepted and Ha rejected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Orangtua; Keterampilan Mengajar Guru; Prestasi Belajar; parent care model; teacher teaching skill; learning achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2018 15:28 | ||||||
Last Modified: | 13 Aug 2018 15:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11844 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |