Wijayanti, Retno (2018) Problematika guru ekonomi dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif kurikulum 2013 di MAN 1 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14130101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Setelah diberlakukannya kurikulum 2013 oleh pemerintah sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penerapan kurikulum 2013, pada kenyataanya masih menjadi permasalahan guru dalam pelaksanaannya. Kebanyakan guru memiliki keterbatasan dalam mengguanakan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, salah satu contohnya model pembelajaran kooperatif. Sehingga guru masih belum mampu melaksanakan proses pembelajaran secara utuh sesuai dengan kurikulum 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran guru ekonomi dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif kurikulum 2013 di MAN 1 Kota Malang. (2) Untuk mengungkap pelaksanaan KBM guru ekonomi dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif kurikulum 2013 di MAN 1 Kota Malang. (3) Untuk mengungkap kendala serta solusi guru ekonomi dalam upaya mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif kurikulum 2013 di MAN 1 Kota Malang
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pengamat dalam observasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Pembuatan perangkat pembelajaran yang di rancang oleh guru ekonomi berupa RPP belum terlaksana secara maksimal. (2) Pelaksananan kegitan belajar mengajar guru ekonomi dengan model pembelajaran kooperatif sesuai kurikulum 2013 tetapi, kegiatannya kurang bervariasi dan terkesan masih monoton. (3) Kendaladiantaranya (a) keterbatasan guru dalam menggunakan model pembelajaran sesuai kurikulum 2013 salah satunya model kooperatif. (b) keaktifan siswa di kelas sehingga sampai menyebabkan kegaduan dan menjadi tidak kondusif. (c) karakter siswa yang berbeda dalam menerima materi. (d) peracangan RPP yang kurang maksimal oleh masing-masing guru ekonomi. Sedangkan solusinya (a) pemanfaatan fasilitas sarana dan prasarana (b) guru selalu berusaha mempersiapkan fisik dan mood yang baik dalam mengajar (c) guru memberikan pendekatan itensif kepada beberapa siswa yang belum paham (d) guru melampirkan proses KBM yang tidak sesuai dengan RPP yang telah di buat.
ABSTRACT
The establishment of Curriculum 2013 by the government to complete the previous curriculum is expected to improve the education quality. However, teachers face problems during the implementation. Most of them have limited learning models which are suitable with the curriculum. One of the models is cooperative learning. Therefore, they are not able to carry out a comprehensive learning process inline with Curriculum 2013.
The study aims: (1) to describe learning instruments of economics teacher in implementing curriculum 2013 using cooperative learning in MAN 1 Kota Malang. (2) to reveal the teaching and learning process of economics teacher in implementing Curriculum 2013 using cooperative learning model in MAN 1 Kota Malang. (3) to reveal the problems faced by economics teacher in implementing Curriculum 2013 using cooperative learning model in MAN 1 Kota Malang and and their solution.
To achieve the aims, the researcher employs a descriptive qualitative approach. Data collection employs observation, interview and documentation. The researcher acts as an observer in the study. The data analysis consists of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
The result shows that: (1) The economics teacher has not prepared learning instrument of lesson plan optimally. (2) The economics teacher has implemented cooperative learning, but the activities are less varied and monotonous. (3) The problems are (a) teacher’s limitation in employing learning models inline with Curriculum 2013, one of which is cooperative learning model. (b)students’ activeness in the class leads to noise and unconducive situation. (c)varied students’ characters in accepting the materials. (d) the lesson plan making by the economics teacher is not optimal yet. The solutions are (a) the use of facilitations (b) the teacher is well physically and mentally prepared for the teaching process (c) the teacher employs an intensive approach to the students who do not understand the material. (d) the teacher conducts teaching and learning activities which are not mentioned in the prepared lesson plan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika Guru Ekonomi; Pembelajaran Kooperatif; Kurikulum 2013; Problems of Economics Teacher; Cooperative Learning; Curriculum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2018 15:29 | ||||||
Last Modified: | 13 Aug 2018 15:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11838 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |