Rahayu, Eka Puji (2018) Pengembangan modul pembelajaran IPS berbasis integrasi Islam dan sains pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14130009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Pengembangan modul IPS berbasis integrasi Islam dan sains di SMP Negeri 1 Beji ini didasarkan pada intinya bahwa: pertama, belum ditemukan bahan ajar IPS yang mempunyai konsep integrasi Islam dan sains. Kedua, belum tersedianya bahan ajar yang membimbing siswa untuk memperoleh konsep IPS sebagai sarana menambah keyakinan siswa terhadap Allah SWT. Ketiga, hasil belajar IPS beberapa siswa yang belum mencapai nilai KKM.
Tujuan pengembangan ini adalah untuk: (1) mendesain pengembangan modul IPS berbasis Islam dan sains materi kondisi geografi dan penduduk pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan, (2) menjelaskan keefektifan penggunaan modul IPS berbasis Islam dan sains materi kondisi geografi dan penduduk untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation. Evaluation). Penjelasan tingkat kemenarikan modul digunakan angket yang diuji di SMP Negeri 1 Beji Pasuruan, siswa kelas VII pada kelas eksperimen. Sedangkan dalam menjelaskan pengaruh modul terhadap peningkatan hasil belajar siswa menggunakan desain eksperimen pre-test post-test control grup desain.
Hasil pengembangan menunjukkan bahwa, (1) spesifikasi modul IPS berbasis integrasi Islam dan sains berupa media cetak. Modul ini dikembangkan dengan menggunakan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan yang diterbitkan oleh Kementrian Agama RI. Hasil belajar yang sesuai dengan pemebelajaran modul ini ditujukan untuk mencapai KI, KD yang ada dalam kurikulum 2013 dan sebagai sarana siswa untuk menambah keyakinan mereka terhadap Allah SMT melalui integrasi dengan dalil Al-Qur’an; (2) efektifitas dan kemenarikan modul IPS berbasis integrasi Islam dan sains pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuuan menunjukkan bahwa modul ini memiliki tingkat kelayakan, efektivitas, dan kemenarikan yang tinggi dan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli materi tingkat kelayakan 84%, validasi ahli media tingkat kelayakan 71%, validasi ahli bahasa tingkat kelayakan 95%, validasi ahli pembelajaran tingkat kelayakan 90%. Hasil uji lapangan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beji Pasuruan menunjukkan bahwa tingkat efektivitas yang tinggi. Hal ini ditunjukkan melalui hasil perhitungan independent sample t-test diperoleh thitung=14,210 dan ttabel=2,0322. Oleh karena itu thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
ENGLISH :
The development of social science module based on Islamic integration and science in Beji 1 Junior High Schoolis based on the core value that: one, there is no social science module based on Islamic integration and science. Two, there is no module guiding the students to get social science concept as a media to enhance student’s faith towrads Allah SWT. Three, the social science learning result for some students are still below KKM score.
The purpose of this development is for: (1) Designing the development of social science module based on Islam and science in materials of civic and geography condition towards students class VII Beji Pasuruan 1 Junior High School, (2) Explaining the effectivity of social science module’s use based on Islam and science in materials of civic and geography condition to enhance the learning result of students class VII Beji Pasuruan 1 Junior High School Pasuruan District.
This thesis uses research approach and development or Research and Development (R&D) with development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation. Evaluation). The explanation of module interesting level uses survey which is tested in Beji 1 Pasuruan Junior High School, students class VII as experiment class. Meanwhile, in the way of explaining the influence of module towards the learning result uses experiment design pre-test post-test control grup design.
The development result shows that, (1) Specific social science module based on Islamic integration and science in the form of printed media, this module is developed by using Al-Quran verses sources which is published by The Ministry of Religion of Indonesia Republic. The learning result which is proper with this kind of learning module is shown by the achievemnet of KI, KD which are in 2013 curriculum and as a media for the students towars Allah SWT through Al-Quran verses, (2) Effectivity and interesting social science module based on Islamic integration and science towards students class VII Beji 1 Pasuruan Junior High School shows that this modul has eligibility, effetivity and interesting high level and has been appropiate to the need of users. This is proved from the validation of appropiate level 84%, validation from media eligibility 71%, validation from language mastery 95%, validation from learning mastery eligibility 90%. The field experiment towards students class VII Beji 1 Pasuruan Junior High School shows that the effectivity result is high. This is shown through counted result independent sample t-test got thitung=14,210 and ttabel=2,0322. Therefore the thitung>ttabel, thus Ho is refused and Ha is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Modul; Integrasi Islam dan Sains; Hasil Belajar; Module; Islamic Integration and Science; Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2018 09:14 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2018 09:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11830 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |