Responsive Banner

Pola asuh orang tua dalam menumbuhkan karakter cinta damai pada Siswa di MI Imami Kepanjen

Izzah, Nurul Laily Rokhmatul (2018) Pola asuh orang tua dalam menumbuhkan karakter cinta damai pada Siswa di MI Imami Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14140062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Karakter cinta damai adalah sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadirannya. Karakter cinta damai perlu ditanamkan pada diri peserta didik sejak mereka berada di sekolah tingkat dasar. Salah satu untuk mewujudkan keberhasilan karakter tersebut adalah melalui pola asuh orang tua yang diterapkan kepada anaknya, karena kehidupan anak lebih lama bersama orang tua daripada di sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan karakter cinta damai siswa kelas 5.2 MI Imami Kepanjen, (2) mendeskripsikan bentuk pola asuh orang tua siswa kelas 5.2 MI Imami Kepanjen, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pola asuh orang tua siswa kelas 5.2 MI Imami Kepanjen.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan variabel-variabel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data, penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) karakter cinta damai siswa kelas 5.2 MI Imami Kepanjen ditunjukkan dengan sikap saling mengasihi antar teman, mencegah diri dari perkelahian, tidak membeda-bedakan teman, dan tidak berbuat kasar kepada sesama teman, (2) karakter cinta damai tersebut dihasilkan dari pola asuh orang tua demokratis yang ditunjukkan dengan sikap orang tua yang selalu memberi pengarahan kepada anak untuk selalu bersikap yang baik dan saling mengasihi antar teman dan orang tua melarang anak untuk membalas perbuatan teman yang jahil, (3) faktor pendukung pola asuh orang tua adalah tingkat pendidikan orang tua dan kepercayaan orang tua atas pesan moral kepada anak untuk selalu berbuat baik terhadap orang lain. Sedangkan faktor penghambat pola asuh orang tua adalah sulit dalam mempengaruhi pola pikir positif kepada anak untuk selalu berperilaku baik kepada orang lain.

ABSTRACT

The love on peace on character is an attitude, saying and doing whic causes others feel happy and safe because of its existance. The love on peace character is improtant to be planted in the students’ self since the early school. One of the performance of that successful character is through parenting pattern which is applied to the children, because the environment of children is longer than at school.

The purpose of this research is for: (1) Describing the love on peace character students class 5.2 MI Imami Kepanjen, (2) Describing the form of parenting of students’ parents class 5.2 MI Imami Kepanjen, (3) Describing the supporting factors and hindrance factors of parenting pattern students class 5.2 MI Imami Kepanjen.

In order to achive the above’s purpose, used research approach with qualitative research which is purposed to describe the research variables. The data collection technique is using observation method, interview, and documentation. Then, data analysis this research uses data reduction steps, data display, and data verification, in testing the validity of data using triangulation.

The result of this research shows that: (1) The love on peace character for the students in class 5.2 MI Imami Kepanjen is shown by the character of loving each other between friends, avoiding fight, not to differenciate the friends, and not doing harsh to each friends, (2) The love on peace character is resulted from democratic parenting pattern shown by the the parents character who always give guidance to the children to always do good deed and loving the friends and the parents forbid the children to revenge, (3) The supporting factor of parenting pattern is the education level of parents and trust of parents towards the moral message for the children for always doing good deeds to each other. While the hindrance factors of parenting pattern is hard to influence way of positive thinking for the chidren to always be good to other people.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSulalah, SulalahUNSPECIFIED
Keywords: Karakter cinta damai; Pola asuh; Orang tua; Love on peace character; Parenting pattern; Parents
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mely Santoso
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:38
Last Modified: 05 Nov 2018 09:38
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11828

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item