Muzayidin, Mohamad (2017) Implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
13140092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi suatu negara untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, berkarakter, dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan karakter menjadi isu utama dalam Kurikulum 2013. Bahkan di antara alasan utama perubahan Kurikulum 2013 adalah untuk menumbukan karakter. Diharapkan melalui pendidikan karakter peserta didik akan memiliki karakter yang unggul dan baik. Namun, dalam penerapan pendidikan karakter akan lebih baik apabila mengetahui kecerdasan peserta didik untuk mengetahui gaya belajar yang tepat bagi peserta didik. Selain peserta didik memiliki potensi yang unggul juga memiliki karakter yang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik. (3) Mendeskripsikan evaluasi implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif berupa studi lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi/pengamatan, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencaanaan yang dilakukan adalah mengetahui kecerdasan dari peserta didik melalui tes MIR (Multiple Intelligences Research), selanjutnya mengintegrasikan nilai karakter ke dalam materi. Kemudian, menyusun Lesson Plan sebagai panduan sebelum mengajar. (2) Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik. Guru menggunakan metode variatif dan pembiasaan-pembiasaan seperti menata sepatu sebelum masuk kelas untuk mengajarkan karakter disiplin, membuat duta kebersihan untuk mengajarkan karakter tanggung jawab dan karakter peduli lingkungan. Melalui tugas individu untuk menanamkan karakter mandiri, dan metode diskusi untuk menanamkan karakter toleransi. (3) Kemudian untuk tahap evaluasi atau penilaian implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal adalah penilaian autentik dengan mengacu pada 3 hal, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
ENGLISH:
Education is important for a country to create an intelligent society, community character and has qualified human resources. Character education became a major issue in 2013 Curriculum. The main reason for the change of the curriculum is to develop the character. Hopely through character education to make the learners will have a very good character. However, in the implementation of character education will be better when knowing the learner’s intelligence to know the right learning style for learners. Learners will have good potential also has a good character.
Objectives of this research are : (1) Describe the planning of implementation of character education-based intrapersonal intelligence in thematic learning (2) Describe the process of implementation of character education-based intrapersonal intelligence in thematic learning (3) Describe the evaluation of implementation of character education-based intrapersonal intelligence in thematic learning.
Research method used in this study is qualitative research with design is Casestudy. The key instrument is researcher self, ant data collection technique are by observation, interviews and another technique. The data analyze by reduce the data, data display and make conclusions.
The research’s result shows: (1) planning to do is try to find the intelligence of learners with test MIR (Multiple Intelligences Research) then integrate character into the lessons. The next step is create a lesson plan as a guide before implementing teaching (2) Process of implementation of character education-based intrapersonal intelligence in thematic learning. Teachers use varied learning methods and contitioning as it sets the shoes in place shoes before entering classroom to teach the discipline character, teacher make cleanliness ambassador to teach character resposibilities and character caring environmrnt. Through duty individual to infuse character independence, and a discussion method to teach the character of tolerance (3) the for the evaluation stage or assessment of the implementation of character education based on intrapersonal intelligences is an authentic assessment by 3 thing, that is cognitive, affective, dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Octaberlina, Like Raskova | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan karakter; kecerdasan intrapersonal; pembelajaran tematik; character education; intrapersonal intelligent; thematic learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2018 09:28 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2019 09:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11825 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |