Romli, Romli (2018) Proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu di MTs Negeri Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Internalisasi nilai adalah proses menjadikan nilai sebagai bagian dari diri seseorang. Teknik pembinaan enterpreneurship yang dilakukan melalui internalisasi adalah pembinaan yang mendalam dalam kerangka psikologis. Selain itu, internalisasi juga diartikan sebagai penggabungan atau penyatuan sikap, standart tingkah laku, pendapat dan seterusnya di dalam kepribadian. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisa proses internalisasi dalam lingkup nilai-nilai entrepreneurship
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui Internalisasi Nilai-Nilai Entrepeniurship Dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri Bangil, 2) Mengetahui Bentuk Internalisasi Nilai-Nilai Entreprenership dalam Pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri Bangil, 3) Mengetahui Kendala Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Entrepeniurship Dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri Bangil.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan deskriptif adalah pendekatan yang dipakai dalam penelitian untuk memahami fenomena yang ada atau yang dialami subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dengan cara deskriptif dalam bentuk kata0kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan metode ilmiah.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, bisa disimpulkan bahwa : proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship di MTs Negeri Bangil berjalan dengan lancar dengan terdapat beberapa hasil aplikatif seperti pembudidayaan kolam ikan dan pembuatan pot bunga yang dihasilkan oleh para siswa. Selain itu, masih terdapat beberapa kendala yang membuat kurang begitu maksimal kegiatan ini dikarenakan terdapat beberapa kendala dari faktor internal dan eksternal, seperti kurangnya jiwa-jiwa entrepreneurship dari tenaga pengajar (internal) serta minimnya dukungan dari pemerintah terkait program internalisasi tersebut (eksternal).
ENGLISH :
Value internalization is the process of making value a part of oneself. The technique of entrepreneurship coaching is done through internalization is a deep coaching in the psychological framework. In addition, internalization is also defined as the incorporation or unification of attitudes, standards of behavior, opinions and so on in the personality. In this study, the researcher analyzed the internalization process within the scope of entrepreneurship values
The purpose of this research are: 1) Knowing Internalization of Entrepeniurship Values In Integrated IPS Lesson in MTs Negeri Bangil, 2) Knowing the Internalization Form of Entrepreneurship Values in Integrated IPS Learning in MTs Negeri Bangil, 3) Knowing Constraints In Internalizing Values Entrepeniurship In Integrated IPS lesson at MTs Negeri Bangil.
This research uses descriptive qualitative research method. Descriptive approach is the approach used in research to understand the phenomenon that exist or experienced by research subjects, such as behavior, perception, motivation, action, etc. holistically by way of descriptive in the form of words and languages in a special context that is natural and with utilizing the scientific method
Based on the results of research and data analysis obtained, it can be concluded that: the process of internalization of entrepreneurship values in MTs Negeri Bangil run smoothly with there are some applicative results such as cultivation of fish ponds and making pots of flowers produced by the students. In addition, there are still some obstacles that make the maximum lack of this activity because there are some constraints of internal and external factors, such as the lack of entrepreneurial souls of the teachers (internal) and lack of support from the government related to the internalization program (external).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Internalisasi; Entrepreneurship; Pembelajaran; Internalization; Entrepreneurship; Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2018 09:18 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2018 09:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11819 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |