Saputra, Aziiz Sani (2018) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bululawang Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (25MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Kesulitan belajar yang dialami peserta didik tidak memandang kemampuan intelegensi yang dimiliki peserta didik. Pada zaman sekarang kesulitan belajar tidak hanya dialami oleh siswa yang memiliki intelegensi yang rendah. Hal ini juga terjadi kepada peserta didik yang memikili intelegensi tinggi. Kesulitan belajar tidak selalu disebabkan oleh faktor intelegensi yang rendah, akan tetapi banyak faktor non intelegensi yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik. Banyak peserta didik dengan intelegensi rendah meraih prestasi yang tinggi, akan tetapi tidak dipungkiri bahwa siswa yang intelegensi tinggi bisa meraih prestasi yang rendah.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang.(2) Mendeskripsiskan Upaya Guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang terjadi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Yang mana dalam mengumpulkan datanya peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan sistem trianggulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh adalah adalah data dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang direduksi atau diolah untuk mendapatkan kesimpulan yang valid.
Hasil penelitian menunjukan (1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang (a) faktor internal yang terdiri dari kesulitan belajar siswa di kerenakan kurangnya minat belajar siswa, motivasi belajar siswa rendah dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.(b) Faktor eksternal terdiri dari kesulitan belajar siswa disebabkan Guru yang kurang berkompeten, buku pelajaran yang kurang memadai, lingkungan kelas yang tidak kondusif.(2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa (a) pengolahan Kelas (b) Penggunaan Metode dan Media pembelajaran (c) Penilaian hasil belajar siswa (d) Program remidial dan pengayaan.
ENGLISH :
Learning difficulties experienced by learners do not look at the intelligence capabilities of the learners. In today's learning difficulties not only experienced by students who have low intelligence. This also happens to learners who have high intelligence. Learning difficulties are not always caused by low intelligence factors, but many non-intelligence factors cause learning difficulties to learners. Many students with low intelligence achieve high achievement, but no doubt that students with high intelligence can achieve low achievement.
The purpose of this study are: (1) Describe the factors that cause learning difficulties experienced by students of class XI IPS in SMA Negeri 1 Bululawang. (2) Describe the Teacher Efforts in overcoming learning difficulties that occur in the students of class XI IPS in SMA Negeri 1 Bululawang.
To achieve the above objectives, used qualitative research methods. The approach is descriptive qualitative approach. Which in collecting data researchers use several methods of interview, observation, and documentation. Data analysis method used is with data triangulation system to test the validity of data obtained. The data obtained are data from observations, interviews and documentation that are reduced or processed to obtain valid conclusions.
The results showed (1) The factors causing learning difficulties experienced by students of class XI IPS in SMA Negeri 1 Bululawang (a) Internal factors consisting of students' learning difficulties in the lack of interest in student learning, low student learning motivation and difficulty in understanding the material (b) External factors consist of students' learning difficulties due to incompetent Teachers, inadequate textbooks, non-conducive classroom environment (2) Teacher's efforts to overcome student learning difficulties (a) Classroom processing (b) ) Use of Learning Methods and Media (c) Assessment of student learning outcomes (d) Remedial and enrichment programs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Guru; Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS; Mata Pelajaran Ekonomi; Teacher Effort; Student Difficulties of Class XI IPS; Economic Subject | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2018 09:23 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2018 09:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11816 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |