Responsive Banner

Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VIII G di MTsN 2 Malang

Anwariyah, Zuhrotul (2018) Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VIII G di MTsN 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14130049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Ciri khas pembelajaran dalam kurikulum 2013, adalah menggunakan pendekatan saintifik. Sebagai fasilitator dan motivator, guru IPS diharuskan untuk menguasai dan memahami penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Melalui penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, peserta didik lebih mudah menguasai pelajaran. Dengan demikian, penguasaan pelajaran siswa Indonesia yang berada pada level rendah akan segera teratasi, sehingga kualitas lulusan (out put) lembaga semakin meningkat dan teknik pengajaran yang diterapkan juga modern, serta tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik juga akan meningkat. Bertambahnya tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik dapat mewujudkan tujuan madrasah yang memiliki lulusan berkualitas secara akademik. MTsN 2 Malang merupakan sekolah negeri di kabupaten Malang yang memiliki tujuan madrasah agar terwujudnya lulusan berkualitas secara akademik dan nonakademik serta berakhlakul karimah. Yang menjadi permasalahan ialah tidak semua langkah dalam pendekatan saintifik pada pembelajaran dapat terlihat. Sesuai dengan tujuan diberlakukannya pendekatan pembelajaran saintifik, diharapkan terdapat peningkatan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan desain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VIII G di MTsN 2 Malang, (2) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VIII G di MTsN 2 Malang.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, data yang terkumpul dari teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dikelompokkan dan diorganisasikan, sehingga dapat menjawab fokus penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) desain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS elas VIII G di MTsN 2 Malang sudah memenuhi kaidah saintifik, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VIII G di MTsN 2 Malang sudah memenuhi kaidah saintifik.

ENGLISH:

The characteristic of learning in the 2013 curriculum is to apply a scientific approach. As facilitators and motivators, IPS teachers are required to master and understand the application of a scientific approach in learning. By applying the scientific approach in learning, students more easily advance the lesson. Thus, the mastery of Indonesian students' lessons at a low level will be overcome fast, leading to the quality of graduates (output) from institutions, increasing and the teaching techniques applied - modern, and the level of knowledge possessed by learners will also grow. Increased level of knowledge of the students can create Madrasah (Islamic school) goals namely having qualified graduates academically. MTsN 2 Malang is a public school in Malang regency, which has aims to create qualified graduates academically and non-academic as well as berakhlakul karimah (good manner). The problem is that not all process in the scientific approach to learning can be seen clearly. In accordance with the purpose of implementation of the scientific learning approach, it is expected that there will be an increase in teaching and learning process towards IPS subjects.

The purposes of this research are: (1) explaining the design of learning by using scientific approach on the subjects of IPS class VIII G at MTsN 2 Malang, (2) explaining the learning process by using scientific approach on the subjects of IPS class VIII G at MTsN 2 Malang.

To achieve the above objectives, a qualitative approach with descriptive research is used. Tools and techniques of data collection used are: observation, interview, and documentation. As for data analysis, data collected from data collection techniques from observation, interview, and documentation are grouped and organized, so that it can answer the focus of research.

The results revealed that (1) Learning design by empoying Scientific Approach in Integrated IPS Subject Class VIII G at MTsN 2 Malang has fulfilled scientific norms, (2) Learning process by using Scientific Approach on Integrated IPS Subject Class VIII G at MTsN 2 Malang has fulfilled scientific norms.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAli, NurUNSPECIFIED
Keywords: Pendekatan Saintifik; Mata Pelajaran IPS; Kelas VIII G; MTsN 2 Malang; Scientific Approach; IPS Subject; VIII G class; MTsN 2 Malang
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 25 Jul 2018 14:28
Last Modified: 25 Jul 2018 14:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11810

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item