Hani’ah, Zuhrotul (2018) Implementasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (FullText)
14130032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam dunia pendidikan di Indonesia sering kali adanya krisis moral, karena masih kurangnya pendidikan moral dan akhlak dalam membentuk dan membangun moral serta akhlak peserta didik. Disadari atau tidak, ini terjadi dikarenakan pendidikan Indonesia lebih menekankan pada dimensi kognitif yang hanya mencetak manusia yang cerdas dan terampil, maka tidak heran jika terjadi krisis moral dan akhlak. Dengan meneladani dan meniru pendidikan yang digunakan nabi diharapkan dapat membentuk dan membangun moral serta akhlakul karimah. Hal tersebut penting guna menjawab tantangan arus globalisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan profetik yang dilaksanakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Malang, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan nilai-nilai pendidikan profetik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Malang, (3) mendeskripsikan hasil pelaksanaan nilai-nilai pendidikan profetik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (studi kasus). Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) nilai-nilai pendidikan profetik yang dilaksanakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Malang ada tiga antara lain Humanisasi, Liberasi dan Trasendensi, (2) proses pelaksanaan nilai-nilai pendidikan profetik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Malang berjalan dengan baik dimana guru berperan penting dalam pembelajaran. (3) hasil pelaksanaan nilai-nilai pendidikan profetik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Malang, secara kualitatif dapat membangun dan membentuk akhlak serta moral peserta didik, selain itu peserta didik mempunyai sikap menghormati, menghargai dan toleran.
ENGLISH:
Indonesia education world often lacks of morality due to the lack of morals education to build the morals of the students. Despite of recognizing the morals lack, Indonesia tends to build more on cognitive values rather than the morals which purposes to create intelligent and creative students that gives impacts to the lack of morals for the students. By exemplifying and imitating the learning and teaching taught by the prophet Muhammad, it is expected to help build the students’ morals and attitude. It is important in regard to face the challenge of globalization.
This present study aims to (1) describe the prophetic education values implemented in upgrading social science learning quality in VII grade of MTsN 1 Malang, (2) describe the implementation progress of prophetic education values to upgrade social science learning in VII grade of MTsN 1 Malang, (3) describe the results of prophetic education values implementation in upgrading social science learning quality in VII grade of MTsN 1 Malang.
To achieve the above aims of this present study, qualitative approach with field study (case study. The research instrument is the researcher herself, and the technique of the data collection done by doing observation, interview, and documentation. The collected data were analyzed by reducing the irrelevant data, describing the data, and drawing the conclusion.
The above research resulted that, (1) the implemented prophetic education values in upgrading social science learning quality comprised into humanity, liberation, and transcendence, (2) the prophetic education values implementation progress in upgrading social science learning quality in VII grade of MTsN 1 Malang run well in which the teachers have the important role in teaching. (3) the result of prophetic education values implementation in upgrading social science learning quality in VII grade of MTsN 1 Malang, qualitatively can build the morals and attitude of the students. Hence, the students resulted as respectful, appreciative, and tolerant.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Profetik; Pembelajaran IPS; The prophetic education values; social science learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2018 10:23 | ||||||
Last Modified: | 23 Jul 2018 10:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11806 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |