Khilda, Amalia Fahria (2018) Perbedaan hasil belajar ekonomi materi pokok alat pembayaran tunai dan nontunai antara pembelajaran dengan media komik edukatif dan tanpa media komik edukatif siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 MA Al-Ma’arif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FullText)
14130021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (26MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan pencapaian dari proses belajar. Pelaku aktif dalam belajar adalah siswa. Hasil belajar juga merupakan proses pembelajaran. hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diirigi oleh perubahan tingkah laku yang dimiliki oleh siswa. Dan penggunaan media pembelajaran yang efektif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa itu sendiri. Media pembelajaran yang digunakan yakni media pembelajaran komik edukatif. Komik edukatif adalah buku bacaan yang menarik, perpaduan antara gambar dengan tulisan yang berisi pengetahuan mengenai materi suatu pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menjelaskan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa MA Al-Ma’arif Singosari Malang. (2) Menjelaskan perbedaan hasil belajar ekonomi materi pokok alat pembayaran tunai dan nontunai antara siswa yang menggunakan media pembelajaran komik edukatif dengan tidak menggunakan komik edukatif pada siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 di MA Al-Ma’arif Singosari Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimental Design. Dalam bentuk ini mempunyai kelompok eksperimen yakni kelas X MIA 2 dan kelompok kontrol yakni kelas X MIA 1. Bentuk ini memberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas yaitu pada kelas eksperimen dilakukan pretest, setelah itu diberikan media pembelajaran komik edukatif kemudian dilakukan posttest. Sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pretest kemudian diberikan buku ajar siswa kemudian dilakukan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil pretest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai yang hampir sama dan belum memenuhi KKM. Hasil nilai posttest siswa kelas kontrol 19 siswa <KKM dan 31 siswa >KKM. Hasil nilai posttest siswa kelas eksperimen 6 siswa <KKM dan 44 siswa >KKM. (2) Ada pengaruh positif signifikan antara media pembelajaran komik edukatif terhadap hasil belajar ekonomi materi pokok alat pembayaran tunai dan nontunai siswa kelas X MIA 2 di MA Al-Ma’arif Singosari yang ditunjukkan dengan penerapan media pembelajaran komik di MA Al-Ma’arif Singosari pada kelas Eksperimen memperoleh nilai 80,9. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan media buku ajar siswa memperoleh nilai rata-rata 77,34.
ENGLISH:
Learning result is the form of learning process achievement. The active role in learning is student. The learning result also the form of learning process. This can be achieved if the student have understood learning followed by the change of attitude owned by the student. The use of effective learning media can influence the learning result from the student iteself. The learning media which is used is educative comical learning. Educative comic is an interesting learning media containing teaching materials.
The purpose of this research is to (1) Explaining the experimental class learning result and control class in MA Al-Ma'arif Singosari Malang students. (2) to explain the difference of learning result of economics of subject matter of payment of cash and nontunai between learning with educational comic media and without educative comic media of class X students MIA 1 and X MIA 2 MA Al-Ma'arif Singosari Malang.
Approach used in this research is quantitative with the kind of experimental research in the form of Quasi Experimental Design, in this kind of design, the group experiment which is class X MIA 2 and controlling group which is class X MIA 1. This form gives different treatment in each classes which is to experimented class conducting pre test, then giving the educative comical learning media conducting post test. While for the controlling class conduct pretest then given student teaching references then conduct post test. The instrument used in this research is students test result. The analysis used in this research is T test analysis.
The result of this research shows that (1) The pre test result of students in the experimebt class and controlling class has quite the same value and not yet fulfilling KKM. The result of post test value controlling class 19 students <KKM and 31 students >KKM. The result of post test experiment class students 6 students <KKM and 44 students >KKM. (2) There is significant positive influence between media and educative comical learning towards the learning result in economy material of payment tools cash and non-cash class X MIA 2 student MA Al-Ma’arif Singosari which is shown in experiment class found the value 80.9. While, in the controlling class which uses the media of teaching references got the average value 77.34.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran Komik; Hasil Belajar; Educative Commical Learning; Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2018 10:46 | ||||||
Last Modified: | 23 Jul 2018 10:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11803 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |