Rifai, Achmad Cholif (2018) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, melalui pendidikan karakter diharapkan dapat menjadi perubahan terhadap pendidikan di tanah air, semakin maraknya tindakan kriminal yang dilakukan oleh para pelajar, sehingga pendidikan karakter dirasa tepat untuk mencegah kegiatan-kegiatan yang negatif tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 2 Wagir 2) mengetahui hambatan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 2 Wagir 3) mengetahui dampak pelaksanaan pendidikan karakter dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 2 Wagir. Penelitian yang peneliti lakukan ini termasuk penelitian kualitatif. Metode dalam pengambilan dan memperoleh data yang dilakukan peneliti adalah menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) dalam Pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan tersebut terdapat nilai-nilai karakter yang dimasukkan di RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk evaluasi pembelajaran yaitu observasi untuk mengamati tingkah laku siswa dan melihat poin pelanggaran siswa. 2) hambatan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS terpadu yaitu pertama kurangnya wadah atau sarana prasarana sekolah untuk kegiatan karakter sehingga siswa kurang komunikatif atau kurang interaksi dengan antar siswa. Kedua pengaruh budaya yang ada pada masyarakat tersebut sehingga siswa karakternya waktu di sekolahan sudah terbentuk. 3) dampak pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS terpadu yaitu terbentuknya karakter siswa yang bertanggung jawab, disiplin, religius, toleransi dan rasa hormat dan perhatian.
ENGLISH:
Education played an important role in preparing highly qualified human resources, through character education expected can changes to education in the country, the rampant criminal actions committed by the student, so that character education is considered appropriate to prevent a negative activity.
This research is aimed to: 1) figure out the implementation of character education in learning integrated social science in State Junior High School 2 Wagir 2) know the drag character education in learning Integrated social science in State Junior High School 2 Wagir 3) find impact the implementation of character education in social science Learning Integrated in State Junior High School 2 Wagir. The kind of the research is qualitative descriptive. The methods of collecting the data are interview, observation and documentation.
Research results show that, 1) in the implementation of character education in the learning process is done through social science planning, implementation, and evaluation. In planning these character values are included in the RPP (plan of implementation of the study) that is used in the learning process. For the evaluation of learning i.e. observation to observe the behaviour of students and see the violation point students. 2) barriers to the implementation of character education in social science learning: first integrated container or lack of infrastructure for the school activities so that students are less communicative character or less interaction with between students. Both the influence of culture on the society of his time so that students at the school have already formed. 3) impact the implementation of character education in learning integrated social science i.e. formation of the responsible student character, discipline, religious tolerance and the respect and attention.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; IPS Terpadu; Character Education; Intergrated Social Science | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2018 14:51 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2018 14:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11798 |
Downloads
Downloads per month over past year