Hartono, Budi (2018) Hubungan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun IPS siswa jurusan IPS kelas XI SMAN 8 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan tujuan akhir dilaksanakanya kegiatan pembelajaran di sekolah. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui usaha sadar yang dilakukan secara sistematis mengarah pada perubahan yang positif yang kemudian disebut dengan proses belajar. Dengan menguasai kompetensi pedagogik guru akan mampu menyampaikan materi ajar dengan baik kepada sisiwa, untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memperoleh hasil belajar siswa yang memuaskan diperlukan guru yang berkualitas dan berkompetensi dibidangnya, selian guru keberhasilan siswa dalam belajar juga ditentukan oleh motivasi yang dimilikinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk:(1) Menjelaskan hubugan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun IPS di SMAN 8 Mataram, (2) Menjelaskan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun IPS siswa di SMAN 8 Mataram, (3) Menjelaskan hubungan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun IPS siswa di SMAN 8 Mataram.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil sampel secara acak ke seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 116 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumen, sedang teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran rumpun IPS di SMAN 8 Mataram, diperoleh nilai rhitung 0.1860>rtabel 0.1809 dan taraf signifikansi sebesar 0.045<0,05 ini berarti H0 ditolak, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran rumpun IPS di SMAN 8 Mataram, diperoleh nilai rhitung 0.274>rtabel 0.1809 dan taraf signifikansi sebesar 0.003<0,05. ini berarti H0 ditolak, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Rumpun IPS di SMAN 8 Mataram, nilai Rhitung 0.301>rtabel 0.1809 dan taraf signifikansi sebesar 0.005<0,05. ini berarti H0 ditolak.
ENGLISH:
Learning outcomes are the ultimate goal of learning activities in the school. Learning outcomes can be enhanced through systematically conscious effort leading to positive change which is called learning process. By mastering pedagogic competence, the teacher will be able to deliver the teaching material to the students well, to achieve the learning objectives and to obtain the students satisfactory learning outcomes is needed to qualified and competent teachers in their level, the student’s success in learning is also determined by the motivation it has.
This research aims to: (1) Explain the relationship between teachers pedagogic competence and the learning results at IPS subjects in State Senior High School 8 Mataram, (2) Explain the relationship between learning motivation with the learning results at IPS subjects State Senior High School 8 Mataram, (3 ) Explain the relationship between teacher pedagogic competence and learning motivation with the learning results at IPS subject State Senior High School 8 Mataram.
This research uses quantitative approach with correlational descriptive research type. This research took a random sample to all students of class XI IPS in State Senior High School 8 Mataram 2017/2018 which amounted to 116 as the subject of research. This research instrument using questionnaires and documents, while data collection techniques used are questionnaires and documentation. Data were analyzed by using multiple correlation analysis.
The research results showed that (1) there was a significant positive correlation between teacher pedagogic competence with student learning outcomes in IPS subjects in State Senior High School 8 Mataram, obtained rhitung 0.1860> rtabel 0.1809 and it has significance level of 0.045 <0.05 this means H0 is rejected, (2) there was a significant positive relationship between Learning Motivation with Student Learning outcomes at IPS subject in State Senior High School 8 Mataram, obtained the value rhitung 0.274> rtabel 0.1809 and it has significance level 0.003 <0.05. this means H0 is rejected, (3) there was a significant positive relationship between Pedagogic Competence and Learning Motivation with Student Result at IPS Subject in State Senior High School 8 Mataram, Rhitung 0.301> rtabel 0.1809 and it has a significance level 0.005 <0.05. this means H0 is rejected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi Belajar Siswa; dan Hasil Belajar Siswa; Teacher Pedagogic Competence; Student Learning Motivation and Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2018 15:04 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2018 15:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11795 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |