Faridatusholikah, Faridatusholikah (2017) Pendekatan pembelajaran pendidikan agama Islam kepada siswa otak kanan dan otak kiri: Studi kasus SMPN 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13110066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran tidak ubahnya proses berpikir atau dengan kata lain merupakan proses pemanfaatan dan penggunaan otak secara maksimal. Menurut beberapa ahli, otak manusia terdiri dari dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Masing-masing belahan otak memiliki spesialisasi dalam kemampuan-kemampuan tertentu. Otak kanan merupakan belahan otak yang berfungsi untuk berpikir holistic, spasial, metaforik dan lebih mengedepankan intuisi, elaborasi, dan variable.Sementara otak kiri merupakan belahan otak yang berfungsi untuk berpikir rasional, analitis, beruntutan, linier, dan saintifik seperti untuk belajar membaca,bahasa, aspek berhitung dari matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana peran guru dalam pembelajaran PAI untuk siswa yang menggunakan otak kiri dan otak kanan di SMPN 4 Malang. 2) Strategi apa yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran PAI untuk siswa yang menggunakan otak kiei dan otak kanan di SMPN 4 Malang. 3) Kendala apa saja yang dialami guru mata pelajaran PAI dalam pembelajaran siswa yang menggunakan otak kiri dan otak kanan bagimana mengatasi kendala tersebut.
Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Tehnik pengumpulan data melalui : 1) tehnik observasi 2) tehnik wawancara, 3) dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi Editing, Verifying, Calssifying, Analizying, dan Concluding.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam pembelajaran PAI untuk siswa yang menggunakan otak kanan dan otak kiri di SMPN 4 Malang perlu memperhatiakan beberapa aspek diantaranya mempunyai kompetensi keilmuan tertentu dan dapat menjadikan orang lain pandai dalam segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu guru di SMPN 4 Malang harus selalu memerankan perannya sebagai mana mestinya. 2)Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI untuk siswa yang menggunakan otak kanan dan otak kiri di SMPN 4 Malang dengan menggunakan metode PAIKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan). 3) Kendala yang di alami oleh guru untuk siswa yang menggunakan otak kanan dan otak kiri adalah fasilitas pendukung yang kurang, alokasi waktu intensif formal yang relatif singkat dan karakter belajar siswa yang variatif.
ABSTRACT
The learning is not the process of thinking only or the process of utilization and the use of full brain. According to some experts, the human brain consists of two parts, namely the right brain and left brain. Each of it has specialized in certain abilities. Right brain is the part of the brain that serves the holistic, spatial, metaphorical thought and more advanced in intuition, elaboration, and variable. The left brain is the brain that serves to think rationally, analytically, sequentially, linearly, and scientifically as to learn to read, language, mathematical aspects of math.
The statements of the problem in the research are 1) How are the roles of teacher in Islamic education learning for students with left brain and right brain at SMPN 4 of Malang. 2) What are the strategies of teacher in Islamic education learning for students with left brain and right brain at SMPN 4 of Malang. 3) What are constraints of teacher in Islamic education learning for students with left brain and right brain and how to overcome these obstacles.
To achieve the above objectives, the researcher used descriptive qualitative methods, with the type of field research. Data collection techniques were through: 1) observation techniques 2) interview techniques, and 3) documentation. Data analysis techniques used qualitative descriptive data analysis techniques that included Editing, Verifying, Classifying, Analyzing, and Concluding.
The results of the research indicated that: 1) The roles of teacher in Islamic education Learning for students with the right brain and left brain in SMPN 4 of Malang need to consider some aspects; it has certain scientific competence and can make others clever in cognitively, affective and psychomotor . Therefore, the teacher in SMPN 4 of Malang must always play its role. 2) The strategies are PAIKEM method (Learning, Active, Innovative, Creative, Effective, Fun). 3) The obstacles are lack of support facilities, short formal intensive time allocation and the varied student learning characters.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Siswa yang menggunakan Otak Kanan dan Otak Kiri; Learning of Islamic Education; the Students with Right Brain and Left Brain | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2018 15:30 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 08:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11740 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |