Fadllulloh, Mohammad (2017) Nilai-nilai pendidikan akhlak pada santri yang berkhidmad di Ndalem: Asrama Ardales Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13110045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Islam melalui proses pendidikan akhlak mengharapkan agar supaya dapat mewujudkan santri atau peserta didik yang mempunyai kompetensi beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia tercermin yang dalam perilaku sehari-hari dalam hubungannya dengan Allah, manusia, dan alam sekitar, mampu membaca dan memahami Al-Qur’an, mampu bermuamalah dengan baik dan benar, serta mampu menjaga kerukunan intern antar umat beragama. Maka dalam hal ini Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran toleransi sebagai upaya untuk memahami perbedaan yang ada pada sesama manusia, sehingga dengan penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak dapat memberikan bekal kepada santri atau peserta didik untuk menumbuhkan kesadaran dan mengembangkan segi-segi kehidupan spiritual yang baik dan benar dalam rangka mewujudkan pribadi muslim seutuhnya.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada santri yang berkhidmat di ndalem (Asrma Ardales Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang dan; (2) Untuk pendidikan akhlak akhlak yang terdapat pada santri yang berkhidmat di ndalem (Asrma Ardales Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang).
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tiga (3) teknik pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa dan interaktif dari Miles dan Huberman. Dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivication/menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai-nilai pendidikan akhlak yang dikembangkan Pondok Pesantren Darul Ulum Asrama ARDALES adalah akhlak kepada Allah (nilai ibadah, berprasangka baik), akhlak kepada sesama makhluk (nilai keadilan, toleransi), akhlak kepada lingkungan sekitar (nilai amanat, kerjasama), dan akhlak kepada diri sendiri (nilai kejujuran, mandiri). (2). Adapun metode-metode pendidikan akhlak yang digunakan Pondok Pesantren Darul Ulum Asrama ARDALES adalah : pertama metode hikmah, kedua metode maidzah hasanah, ketiga metode jidal atau mujadalah, keempat metode pendekatan kasih sayang dan do’a.
ENGLISH:
Islam, through the moral education expects that santri or students have faith and devotion to Allah SWT, morality is reflected in everyday behavior in relation to Allah, human, and the world around, they are able to recite and understand Al Qur'an, socialize with society and able to maintain internal harmony among religious people. Thus, in this case, Islamic education expected to develop awareness of tolerance for understanding the differences that exist in human beings, then by planting the values of moral education, basically students can develop the aspect of awareness and spiritual in order to realize a good Muslim.
The objective of this research are 1) Understanding the values of moral education that exist at the Gracious Santri in Ndalem (Ardales Dormitory Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang). 2) Educating the moral at the Gracious Santri in Ndalem (Ardales Dormitory Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang).
This research is a descriptive qualitative which is done by 3 techniques in collecting the data, observing, interviewing and documenting. This research is analized by analysis and interactive model of Miles and Huberman by collecting, reducting, presenting and infering the data.
The result of this research shows that, firstly the values of moral education developed by Pondok Pesantren Darul Ulum Ardales Dormitory are morals to Allah (values of worship and good prejudice), morals to human beings (values of justice and tolerance), morals to the environment (value of trust and cooperation), and morals to the self (value of honesty and independence). Secondly, the methods of moral education used by Pondok Pesantren Darul Ulum Ardales Dormitory are: first the method of wisdom, second the methods maidzah hasanah, third the methods jidal or mujadalah, fourth the methods of affection approach and prayer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-Nilai; Pendidikan Akhlak; Metode; Values; Moral Education; Method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2018 15:32 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2018 15:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11739 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |