Aplikasi Computer Based Testing (CBT) pada e-collaboration pengembangan tes menggunakan teknologi web services

Cholin, Rezza Surya Putra Pratama (2017) Aplikasi Computer Based Testing (CBT) pada e-collaboration pengembangan tes menggunakan teknologi web services. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (FullText)
12650023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sekolah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap orang, apalagi di zaman yang semakin mengedepankan pendidikan sebagai salah satu tolak ukur dan penilaiannya. Di dalam sekolah selalu ada kegiatan sekolah, salah satunya adalah kegiatan evaluasi. Kegiatan evaluasi ini digunakan untuk mempermudah seseorang dalam mencapai tujuan agar lebih efektif dan efisien. Salah satu teknik evaluasi adalah teknik tes. Dalam evaluasi pendidikan, yang dimaksud adalah tes yang menggunakan instrumen tes dalam evaluasinya. Dalam pembuatan instrumen tes pada kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) masih banyak kendala yang dialami pengembang mulai dari dana operasional yang terbatas, kurangnya koordinasi antar pengembang, perhatian dari stakeholder Pendidikan yang masih belum optimal serta waktu dan jarak untuk melakukan perkumpulan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu penerapan kolaborasi dalam kegiatan MGMP agar dapat memberikan nilai tambah dengan mengurangi biaya lingkungan karena menghemat pemakaian kertas, serta meningkatkan kecepatan dengan mengurangi beberapa alur operasional. Dengan adanya sistem e-Collaboration pengembangan tes pada MGMP, dapat dilakukan secara online guna mengurangi alur proses yang memakan biaya, waktu dan jarak. Sedangkan untuk mendapatkan butir soal yang valid dan reliabel diperlukan adanya instrumen tes dalam menjalankan analisa butir soal. Pada penelitian ini instrumen tes tersebut menggunakan CBT (Computer Based Test).

ENGLISH:

Schools become basic needs for everyone, even in the era that focuses more on education as one of the benchmarks and assessments. In schools, there are always many school activities. One of them is evaluation. This activity is used to ease someone in order to reach his/her goals more effective and efficient. One of the evaluation techniques is test. On education assessment, the used test is a test that uses test instruments on the assessment itself. In arranging the test instruments of MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) activity, there are still many obstacles faced by the creators such as the lacks of operational budget, coordination among the creators, attention from education stakeholders who are not optimal yet, even the time and distance for the discussion itself. In order to solve the obstacles, it needs the implementation of collaboration in this MGMP activity to give additional values by reducing the environment budget by paperless method and improving the efficient time by removing some operational procedures. By e-collaboration system, the test development in this MGMP activity can be used by online in order to reduce the process that spends more budget, time and distance. On the other hands, in order to gain the valid and reliable questions, it needs test instruments in processing questions analysis. In this study the test instrument uses CBT (Computer Based Test).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zaman, Syahiduz and Yaqin, M. Ainul
Keywords: Evaluasi; MGMP; Tes; E-Collaboration; CBT; Evaluation; Test
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Zuhria Sulkha Amalia
Date Deposited: 04 Jul 2018 08:32
Last Modified: 04 Jul 2018 08:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item