Syafii, Muhammad (2018) Pengaruh kecerdasan spiritual dan interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VII MTs Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Hasil belajar seringkali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai bahan yang sudah diajarkan untuk mengaktualisasikan hasil belajar tersebut diperlukan informasi tentang ketercapaian kompetensi peserta didik. Proses penilaian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar peserta didik. Proses penilaian dapat berbentuk tes baik tertulis maupun lisan, lembar pengamatan, pedoman wawancara tugas rumah dan lain sebagainya.Suatu keberhasilan dalam proses pembelajaran merupakan bentuk dari usaha yang telah dilakukan oleh siswa.
Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar kelas siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VII MTs Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang, (2) Untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VII MTs Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang,(3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VII MTs Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel bebas dan terhadap variabel terikat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui kecerdasan spiritual dan interaksi belajar. Instrumen yang digunakan adalah dokumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan spiritual pengaruh positif signifikan dengan hasil belajar siswa dengan nilai koefisien korelasinya 0,000, (2) interaksi sosial tidak ada pengaruh signifikan dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasinya 0,025. (3)
Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel kecerdasan spiritual yang ditujukkan dengan thitung = 3,667 > ttabel = 1.99 Tidak ada pengaruh dari variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan thitung =2.285 > 1,99. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh kecerdasan spiritual dan interaksi sosial terhadap hasil belajar.
ENGLISH:
Learning outcomes are a process in the individual that interacts with the environment to get a change in his/her behavior.Learning outcomes are often used as a measure to find out how far a person mastered the material that has been taught to actualize the learning outcomes that are required for information about the achievement of students’ competence. This assessment process aims to answer the questions about how well the results or the achievement of students’ learning. The assessment process can be in the form of either written or oral tests, observation sheets, home duty interviews and so on. A success in the learning process is a form of effort that has been done by students.
The general purposesof this research are (1) To know the influence of spiritual intelligence on the students' learning outcomes in the subjects of integrated social studies (IPS) in the class VII MTs Nurul Islam BadesPasirianLumajang, (2) To know the influence of social interaction of students in the subjects of integrated social studies (IPS) in the class VII MTs Nurul Islam BadesPasirianLumajang, (3) To know the influence of spiritual intelligence and social interaction on student learning result in the subjects integrated social studies (IPS) in the class VII MTs Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang.
The approach which is used in this study is a quantitative approach with the type of causal research, that is a research which is conducted to determine the magnitude of influence between independent variables and the dependent variable.The instrument used in this study is a questionnaire that is used to determine the spiritual intelligence and learning interactions. The instrument that is used is a document which is used to determine the students’ learning outcomes. The analysis that is used in this research is multiple regression analysis. The results of this study indicate that: (1) spiritual intelligence showssignificant positive influence with student learning outcomes by the correlation coefficient value 0,000, (2) social interaction shows no significant influence with learning outcomes with the correlation coefficient value 0.025.
The result of multiple linear regression shows that there is an influence of spiritual intelligence variables that is shown by tcount = 3.667> ttable = 1.99. There is no significant influence of learning motivation variables toward learning outcomes that is shown by t count = 2.285> 1.99. The conclusion is that there is an influence of spiritual intelligence and social interaction on learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Spiritual; Interaksi Sosial dan Hasil Belajar; Spiritual Intelligence; Social Interaction; and Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2018 14:51 | ||||||
Last Modified: | 23 Jul 2018 14:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11693 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |