Pengaruh tenaga endorsement terhadap minat beli konsumen pada situs belanja online Tokopedia: Studi kasus pada konsumen di Kota Malang

Achadia, Zayin (2017) Pengaruh tenaga endorsement terhadap minat beli konsumen pada situs belanja online Tokopedia: Studi kasus pada konsumen di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13510194.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat menyebabkan konsumen dapat dengan mudah mengetahui informasi tentang keberadaan suatu produk yang baru.Internet telah memberikan platform yang kompetitif untuk perdagangan online dan pemasaran.Dengan strategi E-Marketing maka setiap perusahaan perlu mengatur perencanaan dalam menjualkan produknya dalam bentuk online, salah satunya adanya tenaga endorsement. Penggunaan tenaga endorsement sebagai salah satu cara kreatif dalam beriklan diharapkan dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan awareness produk serta dapat meningkatkan minat pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tenaga endorsement secara simultan, parsial dan dominan terhadap minat beli konsumen pada situs belanja online Tokopedia.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang berada di kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang meliputi konsumen yang pernah berbelanja di situs belanja online Tokopedia, dengan jumlah responden 206 orang.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tenaga endorsement yang memiliki variabel visibility, credibility, attractiveness dan power berpengaruh secara simultan Karena Fhitung>Ftabel (42,155> 2,417) dan Sig F < 5% (0,000 < 0,05)dan berpengaruh secara parsial karena dari keempat variabel tersebut nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0,05. Dari keempat variabel tersebut attractiveness merupakan variable yang memiliki koefisien beta yang paling besar yaitu 0,279 artinya variabel Y lebih banyak di pengaruhi oleh variabel attractiveness.

ENGLISH:

The development of information technology is very fast that is causing consumers to find information about the existence of a new product easily. The Internet has provided a competitive platform for online trading and marketing. With E-Marketing strategy, every company needs to arrange the planning in selling its product in the form of online, one of which is endorsement marketer. The use of endorsement is as a creative way of advertising that is expected to attract consumers and increase awareness of the product and can increase consumer buying interest. This research was conducted to find out how big the influence of endorsement marketer simultaneously, partial and dominant to the consumer buying interest against Tokopedia online shopping site.

This research was a quantitative research by survey of the collecting data. The populations in this research were a community in the city of Malang. Sampling technique used purposive sampling method with criteria that included consumers who have been shopping at Tokopedia online shopping site, with the number of respondents were 206 people. Data analysis techniques in this study used multiple linear regression analysis technique.

The results of this research indicated that the endorsement marketer such as visibility, credibility, attractiveness and power influenced simultaneously because of F count> F table (42,155> 2,417) and Sig F <5% (0,000 <0,05) and partially influenced because of the four variables, The value of significance was smaller than α = 0.05. The four variables, attractiveness was the variable that had the largest beta coefficient, it was 0.279, meant that Y was more influenced by the attractiveness variable

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Al-Idrus, Salim
Keywords: Tenaga Endorsement; Minat Beli; Energy Endorsement; Buy Interest
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:03
Last Modified: 10 Aug 2018 07:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item View Item