Jufri, Fathul Aziz (2017) Penerapan segmentasi, targeting dan positioning: Studi kasus pada Warung Bang Gentong Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15510074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pada masa sekarang ini, produk-produk yang beredar di pasar telah meningkat berbagai jenis produknya. Hal ini semakin banyaknya usaha yang bermunculan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar berdampak pada persaingan ketat antar perusahaan, baik yang sejenis maupun tidak sejenis. Setiap perusahaan harus terus-menerus mengembangkan produk atau merancang produknya guna mempertahankan dan meningkatkan penjualannya. Hal ini terjadi karena produk mereka yang telah ada selama ini rentan terhadap perubahan kebutuhan dan selera konsumen, teknologi baru, serta peningkatan persaingan. Maka untuk meningkatkan dan mengembangkan suatu produk dan penjualan perlu diterapkan cara mendekati pasar dengan cara melakukan penerapan segmentasi, targeting dan positioning yang tepat, terarah, efisien, dan dapat dijangkau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan segmentasi, targeting dan positioning. Dari latar belakang itulah sehingga penelitian ini dilakukan dengan judul “Penerapan Segmentasi, Targeting dan Positioning Pada Warung Bang Gentong Malang”
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tujuannya adalah untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yang meliputi segmentasi, targeting dan positioning. Subyek penelitian ini ada enam orang. Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan hasil olahan data, sehingga mudah untuk dibaca dan diinterprestasikan. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dikumentasi. Analisis datanya melalui empat tahap: reduksi data, model data, penarikan kesimpulan (verivikasi) dan trianggulasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penerapan segmentasi, targeting dan positioning telah menunjukan adanya peningkatan jumlah konsumen dan adanya inovasi produk sesuai dengan yang diinginkan para konsumen. Hal ini bisa dilihat dari penjualan sebelumnya yang masih sedikit dan saat ini setelah diterapakan segmentasi, targeting dan positioning, penjualan dan perkembangan warung semakin baik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan segmentasi, targeting dan positioning pada warung bang gentong bisa dikatakan semakin baik posisi warung di pasar atau konsumen, sehingga dapat membantu perkembangan warung baik dari penjualan dan produk.
ENGLISH:
At present, the products that circulate in the market have increased various types of products. This is the increasing number of businesses that appear both small companies and large companies have an impact on intense competition between companies, both similar and unlike. Every company must constantly develop products or design its products in order to maintain and increase its sales. This is because their existing products have been vulnerable to changing consumer needs and tastes, new technologies, and increased competition. So to improve and develop a product and sales need to be applied to approach the market by means of the application of Segmentation, Targeting and Positioning appropriate, effective, efficient, and accessible. The purpose of this study was to determine how the application of segmentation, targeting and positioning. From that background that this research was conducted under the title "Application Segmentation, Targeting and Positioning On Warung Bang Gentong Malang"
This study used descriptive qualitative approach where the goal is to describe systematically the research focus includes segmentation, targeting and positioning. Subject of this research there are six people. Data analysis aims to simplify the results of data processing, so it is easy to read and interpreted. Data were collected by observation, interview, and documentation. Analysis of the data through four stages: data reduction, data modeling, inference (verification) and triangulation.
The results showed that of the application of segmentation, targeting and positioning have shown an increase in the number of consumers and innovation in accordance with the desired product consumers. This can be seen from previous sales are still few and today after be applied segmentation, targeting and positioning, sales and development of the better stalls. It can be concluded that the application of segmentation, targeting and positioning on the stall bang the barrel can be said better position in the market stalls or consumers, so as to foster good stalls of sales and products.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Firmansyah, Fani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Segmentasi; Targeting; Positioning | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2018 10:40 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2018 10:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11610 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |