Pengelolaan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam perspektif konsep Customer Relationship Management (CRM)

Arianto, Imam (2017) Pengelolaan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam perspektif konsep Customer Relationship Management (CRM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13510149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia, seluruh kegiatan UGM dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. UGM menyadari bahwa alumni merupakan aset berharga bagi perguruan tinggi, maka UGM berkomitmen untuk terus menjalin hubungan dengan alumni yang tersebar diseluruh Indonesia dan diluar negri.

Penelitian ini memiliki tujuan umum yakni untuk mengetahui pengelolaan alumni yang dikembangkan UGM dalam perspektif konsep Customer Relationship Management (CRM) dan untuk mengetahui dampak dari pengelolaan alumni yang dikembangkan oleh UGM dalam perspektif konsep Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deduktif, yaitu teori sebagai sebagai alat, ukuran dan bahkan instrument untuk untuk membangun hipotesis sehingga peneliti secara tidak langsung akan menggunakan teori sebagai “kacamata kuda” dalam melihat masalah penelitian melihat masalah penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan alumni yang dilakukan Subdit Hubungan Alumni menerapkan 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, kesuksesan pengelolaan alumni ini sesuai dengan konsep Customer Relationship Management (CRM) yaitu orang sebagai sumber daya manusia, proses (identifikasi, diferensiasi, interaksi dan kostumiasi) dalam bentuk kegiatan dan program seperti Seminar Series, Tracer Study, UGM Integrated Carrer Days dan UGM Alumni Awards serta teknologi yang memadai ditandai dengan penggunaan website dan media sosial. Dampak dari pengelolaan alumni ini berupa dampak materi dan non materi, dampak materi berupa Beasiswa Alumni dan dampak non materi berupa citra perguruan tinggi yang baik dan kepercayaan masyarakat.

ENGLISH:

Gadjah Mada University (UGM) is one of the oldest universities in Indonesia, all UGM activities are set out in the form of Tri Dharma University consisting of educational activities and teaching, research and community service. UGM realizes that alumnus are a valuable asset for universities, so UGM is committed to keep in touch with alumnusspread all over Indonesia and abroad.

The purpose of this research is to know the management of alumnus developed by UGM in the perspective of Customer Relationship Management (CRM) concept and to know the impact of alumni management developed by UGM in perspective of Customer Relationship Management (CRM) concept. This research is a kind of qualitative research using deductive approach, that is theory as a tool, measure and even instrument to to build hypothesis so that researcher will indirectly use theory as "horse eyeglass" in looking at research problem.

The result of this research shows that the management of alumnus conducted by Alumnus Relations Sub-Director apply 4 management functions namely planning, organizing, implementation and supervision, the success of this alumni management according to the concept of Customer Relationship Management (CRM) are people as human resources, process (identification, Differentiation, interaction and costumize) in the form of activities and programs such as Seminar Series, Tracer Study, UGM Integrated Carrer Days and UGM Alumni Awards as well as adequate technology characterized by the use of website and social media. The impact of this alumnus management in the form of material and non-material impact, the impact of material in the form of Alumni Scholarship and non-material impact in the form of good university image and public trust.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Slamet, Slamet
Keywords: Pengelolaan Alumni; Customer Relationship Management (CRM); Management of Alumnus; Customer Relationship Management (CRM)
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:59
Last Modified: 07 Aug 2018 08:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item