Saputro, Deni (2018) Pola pendidikan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada anak: Studi kasus pada pengusaha tahu tempe di Desa Wlingi Lingkungan Nangkan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA :
Orang tua dan anak merupakan satu kesatuan yang terbentuk dalam satu ikatan yang dinamakan keluarga. Dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan hendaknya orang tua menanamkannya secara mendalam sehingga dapat membentuk mental serta mindset anak agar kelak menjadi wirausaha yang sukses sesuai dengan keinginan orang tua. Begitulah seharusnya orang tua dalam rangka mempersiapkan anak-anak mereka meskipun semua itu tidak mudah, banyak tantangan dan hambatan yang di hadapi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mendeskrisikan pola pendidikan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak melalui keterampilan pembuatan tahu tempe di lingkungan Nangkan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. (2) Untuk memahami nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan orang tua kepada anak melalui keterampilan pembuatan tahu tempe di lingkungan Nangkan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi orang tua dan bagaimana solusinya dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak melalui keterampilan pembuatan tahu tempe di lingkungan Nangkan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.
Dalam mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah yang di lakukan peneliti antara lain sebagai berikut : Pertama, reduksi data yaitu dengan cara penggolongan dan pemusatan data-data. Kedua, penyajian data yaitu mengumpulkan data secara tersusun dengan memberi kemungkinan adanya keimpulan dan tindakan, ketiga, verifikasi yaitu penarikan kesimpulan yang memberikan analisis data final.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pola pendidikan Orang tua dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada anak di desa Wlingi Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar memiliki 3 bentuk pendukung, di antaranya : Pertama, adanya pelatihan dari pihak pemerintah dalam mewadahi masyarakat mengembangkan potensi daerah. Kedua, dilatih sejak dini oleh orang tua. Ketiga kemauan sang anak yang di dorong dengan lingkungan yang mendukung. (2) Nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan orang tua kepada anak melalui pembuatan tahu tempe di desa Wlingi, kecamatan Wlingi kabupaten Blitar yaitu : Kerja keras Tekun, disiplin , Mandiri , Tanggung jawab serta di barengi beberapa model kewirausahaan. (3) Pengaruh teman sebaya, Handphone dan bahan baku.
ENGLISH :
Parents and their children are a unity that is bound, named family. In the way of implanting the norms of entrepreneur, parents should implant it in deep to create a good mental and mindset of the children. Therefore, the children will be a success entrepreneur person that is expected. As the parents, they should implant it deeply to prepare their children even though it does not easy to be done.
The aims of this research are: (1) to describe the parents’ educational pattern to implant the entrepreneur norms to their children by doing an activity to make tofu and tempe in Nangkan, Wlingi, Blitar., (2) to know about entrepreneur norms that is implanted by doing an activity to make tofu and tempe in Nangkan, Wlingi, Blitar., (3) to know the problem that is faced by the parents and how they can solve that problem in implanting the entrepreneur norms by doing an activity to make tofu and tempe in Nangkan, Wlingi, Blitar.
In the way of raising the aims above, the researcher uses a qualitative method. The data is collected by observation, interview and documentation. The way researcher collects the data is: first, data reduction; the data will be grouped and concentrated. Second, data presentation; the data will be structurally collected by giving a probability existence of conclusion and action. Third, verification; make a conclusion that will give a final data.
The results of this research show that: (1) the educational pattern of the parents to implant the entrepreneur norms to their children in Wlingi, Blitar has three supporters; first, training activities from the government. Second, trained earlier by the parents. Third, the desire of the children themselves that is supported by the environment. (2) The norms of entrepreneur that is implanted by doing an activity to make tofu and tempe in Wlingi, Blitar are hard work, diligent, discipline, independent, responsible and those are all along with some models of entrepreneur. (3) The influence of peers, Mobile and raw materials.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola pendidikan orang tua; Tahu Tempe; Nilai Kewirausahaan; Parents; Tofu Tempe; norms of entrepreneur | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2018 09:17 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2018 09:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11347 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |