Jannah, Raudhatul (2017) Strategi pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi jurusan IPS di MAN II Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Guru sebagai administrator harus dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan sebaik-bainya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan program pendidikan yang di inginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan enak dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan efektifitas belajar siswa, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi tersebut.
Penelitian ini mengkaji strategi pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi di MAN II Kota Kediri. Permasalahan yang diteliti difokuskan pada Bagaimana strategi pembelajaran oleh guru dalam meingkatkan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di MAN II Kota Kediri, apa saja hambatan guru dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di MAN II Kota Kediri dan bagaimana dampak terhadap siswa dalam penerapkan strategi guru pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di MAN II Kota Kediri?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah: Strategi Ekspositori dan Strategi Inquiry. (2)hambatan guru dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi bermacam-macam diantaranya: kurangnya respon dalam proses pembelajaran, pengaruh buruk dari teman, tidur dikelas. (3)dampak terhadap siswa dalam penerapkan strategi guru pada mata pelajaran geografi yaitu: 1) Menarik minat belajar siswa,dengan dibuktikan banyaknya anak-anak yang bertanya tentang pelajaran yang telah pelajari sebelumnya. Rasa ingin taunya semakin besar. 2) Meningkatkan pengetahuan secara mendalam, Dengan dibuktikan ketika di kasih pertanyaan oleh guru tentang pelajaran yang telah di ajarkan, siswa mampu menjawab dengan baik dan benar. 3) Kemampuan memberi kesimpulan, siswa mampu memaparkan kesimpulan secara runtut dan urut
ENGLISH :
The teacher as administrator should be able to organize the best educational programs. Therefore, to achieve the goal of the desired educational program, teacher is expected to have some learning strategies that can inspire students to do fun learning. To achieve the objectives are in order to improve the effectiveness of student’s learning, it needs the better effort of teacher in choosing and implementing the strategies, methods and learning media in accordance with these competencies.
The research examines the learning strategies in improving the effectiveness of student’s learning on geography subjects in Public Senior High School II of Kediri. The problems focuses on the learning strategies in improving the effectiveness of student’s learning on the subjects of geography of class X of Social Science (IPS) in Public Senior High School II of Kediri, and the obstacles of teachers in improving the effectiveness of student’s learning on the subjects of geography of class X of Social Science (IPS) in Public Senior High School II of Kediri, and the impact on the students in implementing the teacher’s strategy on the geography subjects of class X of Social Science (IPS) in Public Senior High School II of Kediri
The researcher used a qualitative research approach. In collecting data used several methods, namely observation, interview, and documentation. The data analysis, the researcher used descriptive qualitative analysis technique, such as explaining the written and spoken data from the object of research in the institution that had been described thoroughly about the actual situation.
The research results showed that (1) the strategies that had been used by teachers in improving the effectiveness of students learning were: Expository Strategy and Inquiry Strategy. (2) the obstacles of the teacher in improving the effectiveness of students learning on the geography lesson were: lack of response in the learning process, bad influence from friends, sleeping in the class. (3) the effects on the students in applying the teacher’s strategy on the geography lesson were: 1) Interesting in the students learning, proven by the students who ask about lessons that had been learned previously and the bigger curiosity. 2) increasing the knowledge deeply, Proven with the questions that were given by teachers and the students were able to answer well and correctly. 3) Able to conclude, students were able to expose coherent and sequential conclusions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Guru; Efektifitas Belajar; Teacher’s Strategy; Effectiveness of Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2018 09:16 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2018 09:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11345 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |