Responsive Banner

Penerapan manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa dalam pembelajaran IPS SMPN 1 Sukorejo Pasuruan

Nikmah, Faizatun (2018) Penerapan manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa dalam pembelajaran IPS SMPN 1 Sukorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Proses pembelajaran merupakan upaya yang sangat penting dalam membentuk suatu pribadi yang berkualitas melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka pengembangan kemampuan individunya. Di dalam proses pembelajaran, guru harus melakuka nmanajemen kelas. Manajemen kelas merupakan masalah tingkah laku yang komplek, dari guru atau dosen (pendidik) harus mampu menciptakan kondisi kelas yang sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan bermutu. Peran guru bukan hanya sebagai pendidik yang hanya mentransfer ilmu dan pengetahuan yang dimiliki, namun lebih dari itu guru berperan sangat besar dalam pencapaian hasil akhir siswa. Permasalahan belajar yang dialami siswa merupakan sebuah masalah yang harus segera diatasi oleh guru. Di dalam setiap kelas, guru pasti menemui berbagai kendala yang terjadi akibat keadaan siswa yang berbeda-beda.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetaui penerapan manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa dalam pembelajaran IPS SMPN 1 Sukorejo Pasuruan, (2) Mengetahui hasil dari penerapan manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa dalam pembelajaran IPS SMPN 1 Sukorejo Pasuruan, (3) Mengetahui solusi yang dilakukan guna memperbaiki manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa dalampembelajaran IPS SMPN 1 Sukorejo Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gruru IPS menggunakan beberapa pendekatan dalam proses pembelajaran sesuai keadaan siswa di dalam kelas, yaitu pendekatan pengajaran, pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, pendekatan resep, pendekatan perbaikan tingkah laku, pendekatan sosio-emosional, dan pendekatan kerja kelompok. (2) Hasil penerapan manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa adalah (a) siswa menjadi lebih disiplin; (b) siswa menjadi aktif di dalam kelas; (c) siswa lebih tekun mengerjakan tugas; (d) siswa lebih kreatif dan mengembangkan wawasan; dan (e) siswa mengalami peningkatan hasi lbelajar. (3) Solusi yang dilakukan guna memperbaiki manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa adalah guru IPS harus terus menggali kemampuannya dalam menerapkan strategi pembelajaran yang variatif dan penggunaan media belajar yang lebih lengkap.

ENGLISH :

The learning process is a very important effort in establishing a qualified person through various activities undertaken by learners in order to develop individual capacity. In the learning process, the teacher must engage in class management. Classroom management is a complex behavior problem, from teachers or lecturers (educators) should be able to create class conditions in such a way that the learning process can run well and quality. The role of teachers is not only as an educator who only transfer knowledge and knowledge owned, but more than that the teacher plays a very big role in achieving student outcomes. Learning problems experienced by students is a problem that must be addressed by the teacher. In every classroom, teachers must encounter various obstacles that occur due to different student circumstances.

This research aims to: (1) To know the application of class management to solve the problem of student learning in Social Sciences lesson SMPN 1 Sukorejo Pasuruan, (2) To know the result of the implementation of class management to solve student learning problem in Social Sciences lesson SMPN 1 Sukorejo Pasuruan, (3) Knowing the solutions done to improve class management to overcome the problematic learning of students in Social Sciences lesson SMPN 1 Sukorejo Pasuruan.

This research uses qualitative approach with descriptive research type. Technique of collecting data using interview technique, observation and documentation which analyzed by step that is data reduction, data presentation and conclusion.

The results of the study show that (1) Teacher of Social Sciences uses several approaches in the learning process according to the students' circumstances in the classroom, that is teaching approach, power approach, threat approach, freedom approach, prescription approach, behavioral improvement approach, socio-emotional approach, work in group. (2) The result of the application of class management to overcome student learning problematics is (a) students become more disciplined; (b) students become active in the classroom; (c) students are more diligent in doing the task; (d) students are more creative and develop insight; and (e) students experience improvement of learning lecture. (3) The solution to improve the classroom management to overcome the problem of student learning is that the teacher of Social Science should continue to explore his ability to apply varied learning strategies and use of more complete learning media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAli, NurUNSPECIFIED
Keywords: Manajemen Kelas; Problematika Belajar; Classroom Management; Learning Problematics
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Sayyidah Awwaliyah
Date Deposited: 07 Aug 2018 15:36
Last Modified: 07 Aug 2018 15:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11341

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item