Mahmud, Muhammad (2017) Internalisasi nilai – nilai karakter dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Hidayah Sumenep. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15770059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Munculnya problematika sekolah seperti kekerasan terhadap peserta didik, kecurangan dalam ujian, merokok dikelas, perkelahian antar pelajar, kurang disiplin,rendahnya etos kerja dan budaya prestasi guru murapakan implikasi dari belum tuntasnya atau bahkan belum adanya internalisasi nilai-nilai karakter kepribadian yang menyeluruh bagi para guru.
Penelitian ini berfokus pada a) Nilai-nilai karakter yang di internalisasikan kepada guru SMP Islam Terpadu Al-Hidayah Sumenep. b) Proses atau langkah-langkah internalisasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di SMP Islam Terpadu Al-Hidayah Sumenep. c) Implikasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di SMP Islam Terpadu Al-Hidayah Sumenep.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Field research atau studi lapangan dengan tehnik pengumpulan data melalui: 1) interview yang mendalam. 2) Observasi partisipatif. 3) catatan lapangan dan 4) Dokumen. Proses analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data, editing (pemilahan) dan pengecekan keabsahan data,untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode tringulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama nilai-nilai karakter yang di internalisasikan di SMP Islam Terpadu Al Hidayah Sumenep adalah : 1) kepribadian yang mantap dan stabil. 2) Kepribadian yang dewasa. 3) Kepribadian yang disiplin. 4) kepribadian yang arif. 5) Kepribadian yang berwibawa. 6) Kepribadian yang teladan bagi peserta didik dan 7) Kepribadian berakhlaq mulia. Kedua Proses internalisasi melalui : 1) Pembinaan rutin dan pembiasaan. 2) Reward and Punistment. 3)Aturan –aturan yayasan. 4) persuasive / ajakan. 5) Penciptaan suasana yang islami /religius dengan pendekatan moral knowing, moral feeling dan moral action dengan tahapan transpormasi, transaksi dan traninternalisasi. Ketiga Implikasi terhadap peningkatan kompetensi kepribadian guru yaitu adanya peningkatan 1) Kepribadian yang mantap dan stabil dengan indikator guru taat pada norma hukum, sosial dan agama, bangga menjadi guru dan bersih aqidahnya. 2) Meningkatnya kepribadian yang dewasa dengan indikator kemandirian, sabar tidak emosi serta memiliki etos kerja. 3) adanya peningkatan kepribadian yang arif yaitu dengan indikator pola berfikir dan bertindak sesuai dengan norma agama dan budaya setempat. 4) Kepribadian yang berwibawa dengan indikator gaya dan prilaku guru yang terbuka ketika di ajak bicara dan berprilaku sopan serta tidak melakukan hal-hal yang menghilangkan martabat guru. 5) adanya peningkatan keteladanan dengan indikator ustad dan ustdzahnya tidak kasar dan sombong dalam berbicara dan bersikap dan penampilannya rapi, manarik serta terbiasa kerja keras. 6) Meningkatnya kedisiplinan para guru indikatornya dari dokumen absensi sembilan puluh sembilan persen aktif. 7) kepribadian yang memiliki akhlaq mulia indikatornya tidak adanya guru yang bertindak melanggar norma-norma agama dan hukum, bersikap jujur, ikhlas dan suka menolong.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun and Marno, Marno | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Internalisasi nilai-nilai karakter; Kompetensi kepribadian guru | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 09 May 2018 15:49 | |||||||||
Last Modified: | 09 May 2018 15:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11279 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |