Pengaruh lingkungan sekolah dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang

Anasari, Vivi (2017) Pengaruh lingkungan sekolah dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
13410016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA :

Dukungan motivasi belajar yang baik dibutuhkan oleh remaja dalam menghadapi masa awal di sekolah menengah karena Dukungan ini diperkirakan dapat membantu mereka untuk bertahan dalam menghadapi tantangan ataupun hambatan khususnya di bidang akademik. Kemampuan ini sendiri tak lepas dari faktor-faktor internal maupun eksternal, diantaranya adalah lingkungan sekolah dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat lingkungan sekolah pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit; 2) tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit; 3) tingkat motivasi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit 4) lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit; 5) pengaruh keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit; dan 6) lingkungan sekolah dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit.

Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Variabel bebas yaitu lingkungan sekolah dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, variabel terikat yaitu motivasi belajar. Pengambilan sampel penelitian 90% dengan jumlah populasi 85 siswa di sma negeri 1 dampit kabupaten malang dan menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat lingkungan sekolah berada pada kategori sedang dengan prosentase 69,4% sebanyak 59 siswa; 2) tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran berada pada kategori sedang dengan prosentase 71,8% sebanyak 61 siswa; 3) tingkat motivasi belajar berada pada kategori sedang dengan prosentase 72,9% sebanyak 62 siswa; 4) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit kabupaten Malang sebesar 38,9%; 5) ada pengaruh yang signifikan antara keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit kabupaten Malang sebesar38,9%; 6) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dampit kabupaten Malang dengan nilai signifikan lebih kecil α = 0,05.

ENGLISH :

A good support of learning motivation is needed by adolescents in dealing with the early periods in high school because this support is supposed to help them survive the challenges or obstacles, especially in the academic field. This ability itself cannot be separated from internal and external factors, including the school environment and student involvement in the learning process.

This study was aimed to determine 1) the level of the school environment in class XI IPS in SMA Negeri 1 Dampit; 2) the level of students’ engagement in the learning process in class XI IPS in SMA Negeri 1 Dampit; 3) the level of motivation in class XI IPS in SMA Negeri 1 Dampit 4) The school environment in affecting motivation in class XI IPS in SMA Negeri 1 Dampit; 5) the effect of students’ engagement in learning process on learning motivation in class XI IPS in SMA Negeri 1 Dampit; and 6) the school environment and students’ involvement in learning process in affecting motivation in class XI IPS in SMA Negeri 1 Dampit.

This research used a Quantitative Method. The independent variables were school environment and students’ involvement in learning process, the dependent variable was learning motivation. The sampling of research was 90% with the population of 85 students in SMA Negeri 1 Dampit Malang Regency and using saturated sampling technique. This research used analysis technique of multiple linear regression.

The results of this study indicated that: 1) The level of school environment was in the medium category with the percentage of 69.4% as many as 59 students; 2) the level of students’ involvement in learning process was in the moderate category with the percentage of 71.8% as many as 61 students; 3) the level of learning motivation was in the moderate category with the percentage of 72.9% as many as 62 students; 4) there was a significant influence between the school environment and the involvement of students in learning process on the learning motivation in the Class XI IPS students in SMA Negeri 1 Dampit Malang Regency. And the results of the simultaneous test (test F) obtained F of 26.086 with sig F = 0.000, with a smaller significant value α = 0.05, then Ho was rejected, which meant that the variables of School Environment and Student Involvement in Learning Process simulatneously had a significant influence on the variable of Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi
Keywords: Lingkungan Sekolah; Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran; Motivasi Belajar; School Environment; Student Involvement in Learning Process; Learning Motivation
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Sayyidah Awwaliyah
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:50
Last Modified: 07 Aug 2018 03:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item