Muyassaroh, Muyassaroh (2017) Respon konsumen indomaret terhadap klausula baku produk promo ditinjau dari Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan maslahah mursalah: Studi di Desa Gampingan Kecamatan Pagak Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13220174.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam ketentuan pencantuman klausula baku pasal 18 ayat 2 pelaku usaha dilarang mencantumkan klausula baku yang letak atau pengungkapannya sulit dimengerti, namun masih banyak konsumen Indomaret yang tidak dapat membaca klausula baku tersebut dikarenakan penulisannya terlalu kecil dan letak penempatannya yang berada disudut.
Penelitian ini membahas tentang respon konsumen terhadap klausula baku produk promo di Indomaret desa Gampingan Pagak Malang. Penelitian ini lebih memfokuskan pada respon konsumen tentang klausula baku ditinjau dari Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan al- Maslahah al-Mursalah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian hukum empiris. Kemudian pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Yuridis Sosiologis.Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.Selanjutnya metode pengolahan data yang peneliti gunakan adalah editing, classifying, analizing, concluding.
Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah pertama, respon konsumen mengenai pencantuman klausula baku pada produk promo adalah sebagian besar konsumen merasa dirugikan. Kedua, pencantuman klausula baku produk promo Indomaret dinyatakan batal demi hukum berdasarkan Undang-undang nomor 8 tahun 1999 perlindungan konsumen pasal 18 ayat 3. Ketiga,tinjauan maslahah mursalah terhadap kemudharatan yang berlaku bagi khalayak umum selaku konsumen, artinya adanya klausula baku yang demikian hanya menguntungkan salah satu pihak. Keberadaan maslahah yang demikian ini perlu ditinjau lebih jauh lagi hukumnya agar kemudian hari tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar
ENGLISH:
Law No. 8 in 1999 about consumer protection in the provisions of inclusion basic clauses subsection 18 paragraph 2 businesses are prohibited to include basic clauses that the location or disclosure of it is difficult to understand, but there are many Indomaretconsumers who can’t read the basic clause because the inscription is too small and the layout stand in the corner placement.
This study discusses about the consumer response to the promotionproduct ofbasic clause in Indomaret Gampingan village of PagakMalang. This study is focused on the consumer response on basic clause in terms of Law No. 8 in 1999 about Consumer Protection and Maslahah Mursalah.
The method used in this study include empirical law research. Then the approach used is a sociological juridical approach. Source data used is primary data obtained from interviews conducted by the researcher. collecting data methods used are interviews and documentation. Furthermore, processingdata methods that researcher use are editing, classifying, analizing, concluding.
The resultsof this Research were obtained by researcherareFirst, consumers response regarding the inclusion of basic clauses on promotionproduct is most consumers feel aggrieved. Second, the inclusion of basic clauses Indomaretpromotion products declared null and void by virtue of Law No. 8 in 1999 about consumer protection subsection 18 paragraph 3. Third, ainterest sent review against the applicable deprivation to the general public as consumers, meaning that the basic clause only benefits for one of the parties. This existence need to be reviewed its legal even further in order that doesn’tcreate greater lossesin the future.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nasyi'ah, Iffaty | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Respon Konsumen; Klausula Baku; Maslahah Mursalah; Consumer Response; Basic Clause; Maslahah Mursalah | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Nur Fitriani | ||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2018 10:45 | ||||||
Last Modified: | 26 Jul 2018 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11261 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |