Ibrahim, Fuad (2017) Strategi membangun trust in a brand asuransi syariah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga (Khalifah Agency) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FullText)
12510087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam konteks Indonesia yang memiliki penduduk yang mayoritas muslim menjadi pasar yang cukup menarik untuk menjadi sasaran pemasaran produk asuransi syariah. Brand (merek) adalah salah satu aset untuk mengembangkan dan merebut market share (pangsa pasar). Peranan merek bukan lagi sekedar nama atau pembeda dengan produk-produk pesaing, tetapi sudah menjadi salah satu faktor penting dalam keunggulan bersaing. Menurut Gobe, merek terbaik di era sekarang adalah yang tidak hanya sekedar terkenal tapi dicintai . Sejalan dengan hasil penelitian Crosby, et al (1990) Perusahaan asuransi adalah industri jasa yang sangat membutuhkan faktor kepercayaan. Sebagai salah satu pengusung brand asuransi syariah Takaful Keluarga Khalifah Agency Malang yang cukup luas dan potensial dimana melingkupi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Oleh karena itu, maka penelitian ini mencoba untuk mengurai implementasi strategi yang diterapkan oleh PT. Asuransi Takaful Keluarga (Khalifah Agency) Malang dalam membangun kepercayaan terhadap merek.
Penelitian ilmiah ini mengacu pada teori yang dikemukanan oleh Lau dan Lee (1999) terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi kepercayaan terhadap merek. Untuk membangun Ttrust in A Brand Asuransi Syariah perlu membangun tiga aspek utama yaitu Brand characteristic(karakteristik merek), Company characteristic (karakteristik perusahaan), dan Consumer-brand characteristic (karakteristik konsumen-merek). Analisis kualitatif Deskriptif mencoba memaparkan tiga aspek pokok ini secara praktik dalam PT. Asuransi Takaful Keluarga (Khalifah Agency) Malang.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Strategi yang dipakai meliputi (a) Penciptaan Brand Characteristic, yaitu menekankan brand yang unggul dalam penerapan system asuransi syariah. (b) Penciptaan Company Characteristic meliputi usaha untuk menjelaskan kepada nasabah bahwa Takaful dengan sistemnya mampu membuat rasa aman mereka (c) Penciptaan Consumer-Brand Characteristic yang lebih menekankan pada penyesuaian konsep merek dengan emosional nasabah. Para agen menekankan pendekatan emosional dan Spiritual dan terbukti efektif menggaet nasabah. Akhirnya dengan pendekatan ke hati nasabah membuat mereka menyukai merek Takaful dan memunculkan kepuasan nasabah yang tinggi dengan tetap memilih Takaful dan merasa nyaman disbanding merek lain. Akhirnya mereka merekomendasikan kepada teman atau keluarga terdekat.
ENGLISH:
In the context of Indonesia which has a Muslim majority population becomes a interesting market to be targeted of sharia insurance products marketing. Brand is an asset to develop and seize market share. Nowadays, brand is not just a name or a differentiator with competitor products, but it has become one of the important factors in competitive advantage. According to Gobe, the best brand in the present era is not only famous but lovable. In line with the results of research Crosby, et al (1990) Insurance companies is a service industry that desperately needs a factor of trust. As one of the bearer of PT. Asuransi Takaful Keluarga. Brand of “Takaful” is brought by Khalifah Agency Malang is quite wide and potential which covers the city of Malang, Malang Regency and Batu City. Therefore, this research tries to describe of strategy implementation applied by PT. Asuransi Takaful Keluarga (Khalifa Agency) Malang in building trust towards the brand.
Scientific research is based on the theory of Lau and Lee (1999) found that there are three main factors that affect brand trust. To build Ttrust in A Brand Asuransi Syariah needs to build three main aspects: Brand characteristic, Company characteristic, and Consumer-brand characteristic. Qualitative Analysis Descriptive try to expose these three main aspects practically in PT. Family Takaful Insurance (Khalifah Agency) Malang.
Based on the results of research and discussion of strategies used include (a) Brand Characteristic Creation, which emphasizes the superior brand in the implementation of the system of Takaful insurance. (B) Company Characteristic Creation involves trying to explain to customers that Takaful with its system is able to make their sense of security (c) Creation of Consumer-Brand Characteristic which emphasizes on the adjustment of brand concept with emotional customers. The agents emphasize the emotional and spiritual approach and proven to be effective in attracting customers. Finally, the customer's heart-to-heart approach makes them love the Takaful brand and brings high customer satisfaction while still choosing Takaful and being comfortable with other brands. Finally they recommend to friends or family closest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Brand; Trust in A Brand; Asuransi Syariah; Sharia Insurance | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2018 11:32 | ||||||
Last Modified: | 23 Jul 2018 11:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11229 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |