Riani, Dwi Imroati Okta (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia hasil kebudayaan masa pra-aksara, Hindu, Budha, dan Islam pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Siswa kini kesulitan belajar secara mandiri, karena bahasa yang digunakan dalam bahan ajar yang telah ada kurang memberikan pemahaman kepada peserta didik. Hal ini membuat siswa menjadi malas untuk membaca buku ajar yang telah ada. Belum lagi buku ajar yang telah ada tidak memberikan kejelasan dengan menghadirkan gambaran secara konkret. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menjawab tiga rumusan masalah, yaitu mengenai: (1) spesifikasi produk, (2) kelayakan produk, (3) efektifitas produk yang dapat dilihat pengaruhnya dari hasil belajar siswa.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research an Development (R & D). Untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar ensiklopedia, peneliti mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan dari sepuluh langkah hanya diterapkan tujuh lagkah, yakni: pengumpulan data, perencanaan terhadap produk yang ingin dikembangkan, melakukan pengembangan prodak ensiklopedia, validasi produk ensiklopedia kepada keahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli pembelajaran, adalah uji coba produk, dan yang terakhir penyempurnaan terhadap produk bahan ajar ensiklopedia.
Produk bahan ajar ini dinyatakan layak digunakan setelah melalui proses validasi, yang dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli materi pada tahap kedua mencapai 86%, ahli desain pembelajaran pada tahap kedua mencapai persentase sempurna 100%, ahli pembelajaran 90%, dan hasil angket yang diberikan kepada kelas eksperimen adalah 82,34%.
Berdasarkan Uji t Berpasangan menggunakan SPSS 20 dan secara manual dapat diputuskan bahwa H1 diterima. Karena tHitung 2,62 lebih besar dari tTabel 2,056, yang menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan ensiklopedia hasil kebudayaan masa pra-aksara, Hindu, Budha, dan Islam efektif digunakan dilihat dari pengaruhnya pada peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.
ENGLISH:
Students have difficulty in learning independently right now, because the language that is used in teaching materials don’t provide understanding to learners. This makes students lazy to read existing textbooks. the existing textbooks do not provide clarity by presenting a concrete picture. The purpose of this research is to answer three problems, which are: (1) product specification, (2) product feasibility, (3) product effectiveness which can be seen from student learning results.
The research method used the method of Research and Development (R & D). To produce a product of encyclopedic teaching material, researcher adapted the modified of Borg and Gall development model and from ten steps only seven steps that were implemented: data collection, product planning, encyclopedia product development, encyclopedia product validation to the Learning design experts, material experts, and learning experts are product trial, and the last refinement toward the encyclopedic teaching materials products.
This teaching material product is declared eligible to be used after going through the validation process, that is conducted by three experts, namely material experts in the second stage reached 86%, the design expert of learning in the second stage reached 100% of perfect percentage, 90% learning expert, and the results of questionnaire that were given to the experimental class was 82.34%.
Based on Paired t Test used SPSS 20 and manually it can be decided that H1 was accepted. Since tcount 2.62 are greater than ttable 2.056, which indicated that the product of encyclopedic development result of cultural results of pre-literacy, Hinduism, Buddhism and Islamic can see from effectiveness and the influences in improving student learning outcomes in the experimental class compared with the control class.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Ensiklopedia; Hasil Kebudayaan Masa Pra-aksara; Hindu; Budha; Islam; Teaching Materials; Encyclopedia; Cultural Result of pre-literacy; Hinduism; Buddhism | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2018 10:41 | ||||||
Last Modified: | 06 Aug 2018 10:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11207 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |