Penerapan pembelajaran tematik intergratif pada kelas I di SDN Ngijo 1 Karangploso Malang

Chairunisa, Yulia (2018) Penerapan pembelajaran tematik intergratif pada kelas I di SDN Ngijo 1 Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (FullText)
13140134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran tematik integratif merupakan suatu pembelajaran dengan menghubungkan mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lainnya yang terdapat pada satu tema dan mengikutsertakan peserta didik atau siswa baik secara individu maupun kelompok untuk aktif dalam proses pembelajarannya sehingga menjadi pembelajaran bermakna.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Gambaran Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas I di SDN Ngijo 01 Karangploso Malang (2) Mendeskripsikan Prosedur Penerapan Pembelajaran Tematik Integartif pada Kelas I di SDN Ngijo 01 Karangploso Malang (3) Mendeskripsikan Hasil Pembelajaran Tematik Integartif pada Kelas I di SDN Ngijo 01 Karangploso Malang.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan peneliti menjadi instrumen utama penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan teknik triangulasi utnuk menguji keabsahan data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran penerapan pembelajaran tematik integratif adalah guru mempunyai menguasai ilmu yang mendalam, memiliki beberapa sifat dan sikap yang mendukung dalam menerapkan pembelajaran tematik antara lain: fleksibel, peka, berdiri sendiri, realistik, dan bersikap terbuka dan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran (2) prosedur penerapan pembejaran tematik integartif mencakup perencanaan yang dilakukan guru sudah sesuai dengan standar kompetensi pemerintahan dengan membuat prota, promes, silabus dan RPP. RPP diperoleh dari sekolahan yang sudah menerapkan kurikulum 2013 terlebih dahulu kemudian di kembangkan sesuai keadaan dengan peserta didik dan kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan 5M. (3) penilaian pembelajaran tematik guru menggunakan penilaian pengamatan dan penilaian tes tulis.

ENGLISH:

Integrative Thematic learning is a learning by connecting the one subject with other subjects containing one theme and involving learners or students in individually or group for active in the process of learning to make that lesson becomes meaningful.

The aims of this research are (1) describe the application of Integrative Thematic Learning grade I in Ngijo 01 Karangploso Malang SDN (2) describes the procedure of the application of Integartive Thematic Learning grade I in SDN 01 Ngijo Karangploso Malang (3) Describe the results of Integrative Thematic Learning grade I in SDN 01 Karangploso Malang Ngijo.

In this research, the researcher uses a qualitative approach and the researcher becomes the main instrument. For Collecting the data, the researcher uses observation, documentation and interviews with the triangulation technique to test the validity of the data. Data analysis using Miles and Huberman, namely the data collection, reduction of data display data and conclusions.

The results showed that: (1) the description of the application of study of integrative thematic Learning is the teachers have deep capable of science, having some characters and attitudes which support in applying the thematic Learning: flexible, sensitive, independent, realistic, and be open and the studenrs active in follow the learning (2) the procedure of the application of Integrative Thematic Learning includes planning which is conducted by the teacher has appropriated with the standards of the goverment competence by making prota, promissory note, syllabus and RPP. RPP gained from the school that already apply the curriculum of 2013 first then developed base on the circumstances of learners and the activity of learning carried out by the teacher using 5 m. (3) the assessment of teacher thematic learning use assessment observation and assessment test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhriyah, Indah Aminatuz
Keywords: Pembelajaran Tematik; Integratif; Thematic Learning; Integrative
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuhria Sulkha Amalia
Date Deposited: 07 May 2018 02:06
Last Modified: 07 May 2018 02:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11203

Actions (login required)

View Item View Item