Fitriyah, Ibanatal (2017) Strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas IV di MI Annidhomiyah Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FullText)
13140102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Disiplin berarti tertib, taat atau mengendalikan tingkah laku karakter ini perlu ditanamkan pada anak, agar anak bias mengendalikan tingkah lakunya dan dapat mematuhi tata tertib yang ada. Selain itu dengan pembentukan karakter pada diri anak juga merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Dengan adanya disiplin kegiatan belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan karakter disiplin ini akan dibawa hingga siswa besar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas IV di MI Annidhomiyah lawatan Kabupaten Pasuruan, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas IV di MI Annidhomiyah lawatan Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah pembentukkan karakter disiplin pada siswa kelas IV di MI Annidhomiyah. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, display atau penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV baik ketika pembelajaran maupun di luar kelas adalah keteladanan, pembiasaan modelling, dan pemberian sanksi. (2) Faktor Pendukung dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas IV di MI Annidhomiyak Kalirejo 02 Kabupaten Pasuruan adalah adanya kontrol dari kepala sekolah, adanya peran aktif dari guru, adanya peran aktif dari orang tua siswa, kesadaran para siswa, adanya kekompakan dari mayarakat sekitar, adanya kekompakan antara sekolah dengan para guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengaruh lingkungan keluarga yang kurang bisa memperhatikan anaknya dan kurangnya kesadaran pada siswa mengenai pentingnya karakter disiplin.
ENGLISH:
Discipline is orderly, obedient or controlling behaviour. This character need to be shaped of children, in order that they can controlling their behaviour and obey the regulation. Besides, the making a disciplinary Character is one of educational purposes. So that, they can studying well and this character will adhere.
The purpose of this research are (1) to describe The Strategy of Teachers in Making a disciplinary Character of Student IV grade at islamic primary school of Annidhomiyah in Pasuruan district: (2) describe a factors that support and hamper the character for Student IV grade at islamic primary school of Annidhomiyah in Pasuruan district.
This research uses qualitative approach and the type of this research is qualitative-descriptive. Object of this research is Making a disciplinary Character of Student IV grade at islamic primary school of Annidhomiyah. Data collecting method in this research by observation, interview and documentation which is analysis by data reduction, data representation and conclusion.
The result of this research reveals that (1). the strategy of teachers in making a disciplinary character of student in IV grade boht in the calass or not. (2) supporting factors in making disciplinary character of student in IV grade, it is caused by head of school. The teacher, parents and the students must have an active role, have solidarity to others, solidarity between the teachers and the constitution. The hamper factors are the lack of family attention and the lack of self-consciousness about the important of disciplinary Character.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Karakter Disiplin; Strategy; disciplinary character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2018 09:59 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2018 09:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11201 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |