Nahdliyah, Shofhatul Alfi (2017) Pengembangan buku saku tema peristiwa alam dalam mengatasi problematika kesulitan membaca siswa kelas IA MI Raudlatul Falah Talok Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FullText)
13140005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan observasi di MI Raudlatul Falah Talok Malang terdapat beberapa siswa Kelas IA yang belum bisa membaca. Meskipun teridentifikasi ada beberapa yang anak sudah bisa membaca tetapi belum bisa untuk memahami suatu bacaan tanpa bantuan guru. Melihat kondisi tersebut, maka dapat diketahui bahwa karakteristik serta kemampuan membaca pada masing-masing anak Kelas IA di MI Raudlatul Falah Talok Kec. Turen Kab. Malang berbeda-beda, oleh karena itu diperlukan strategi khusus sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca anak.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat bahan ajar yang bersifat interaktif/menarik, sehingga anak dapat belajar dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Pada kesempatan ini peneliti bermaksud melakukan pengembangan bahan ajar berupa buku saku tematik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan spesifikasi buku saku yang dikembangkan; (2) mengidentifikasi tingkat kelayakan penggunaan buku saku yang dikembangkan; dan (3) mengidentifikasi peningkatan kemampuan membaca pada siswa Kelas IA MI Raudlatul Falah Talok Malang setelah memanfaatkan buku saku bertema Peristiwa Alam.
Guna mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan bahan ajar ini meliputi: (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (8) revisi produk; dan (9) produksi massal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan buku saku tematik telah melewati beberapa prosedur sesuai dengan langkah-langkah penggunaan metode R&D; (2) Berdasarkan paparan deskriptif hasil validasi ahli desain produk, ahli isi materi, dan ahli pembelajaran, bahan ajar berupa buku saku tematik yang tengah dikembangkan ini berada pada kriteria 'Sangat Valid', sehingga layak untuk digunakan; dan (3) Kemampuan membaca siswa setelah memanfaatkan buku saku tematik mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini ditandai dengan hasil analisis uji-t serta dari rata-rata nilai posttest yang mengalami peningkatan menjadi 80,65 dibandingkan rata-rata nilai pretest sebesar 60,39
ENGLISH:
Based on observations in MI Raudlatul Falah Talok Malang there are some students of Class 1 A cannot read yet. Although some children are able to read, but cannot understand the reading without the help of teachers. The existence of these conditions, it is known that the characteristics and ability to read each child Class 1 A at MI Raudlatul Falah Talok Turen Malang is different. Therefore need special strategy as effort to improve children reading ability.
One of the efforts that can be done is through interesting teaching materials, so that children can learn in a way more easily and fun. On this occasion the researcher intend to do the development of teaching materials in the form of thematic pocket books.
The purpose of this research are to: (1) describe the specification of the developed pocket book; (2) identify the feasibility level of using the developed pocket book; and (3) identifying improvements in reading ability in grade 1 A MI Raudlatul Falah Talok Malang students after utilizing the pocket book themed Natural Events.
To achieve these objectives, qualitative and quantitative approaches are used with the type of research and development. The teaching materials development model includes: (1) identification of potentials and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) design validation; (5) design revisions; (6) product trial; (7) product revision; (8) trial usage; and (9) mass production.
The results showed that: (1) The preparation of thematic pocket books has passed several procedures in accordance with the steps of using the R & D method; (2) Based on the descriptive description of the product design expert's validation, material content expert, and the learning expert, the teaching materials in the form of a thematic pocket book that is being developed have the criteria of 'Very Valid', so it is feasible to use.; and (3) Students' reading ability after using thematic pocket book has significant improvement, it is characterized by the result of t-test analysis and from the average posttest value which has increased to 80.65 compared to the average pretest value of 60,39
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Saku; Tema; Membaca; Pocket Books; Theme; Reading | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2018 10:37 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2018 10:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11197 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |