Rachmansyah, M. Haqiqi (2017) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa-siswi MAN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410164.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa MAN 1 Sidoarjo. Teori utama yang digunakan adalah teori pola asuh Baumrind (1971) yang telah diadaptasi oleh Robinson (1995). Pola asuh terbagi menjadi tiga, yakni: demokratis, otoriter, dan permisif. Sedangkan kecerdasan emosional menggunakan teori Salovey & Mayers (1990) yang telah diadaptasi oleh Schutte (1998). Kecerdasan emosional yang dimaksud adalah kemampuan individu dalam memantau dan mengendalikan perasaan diri sendiri dan orang lain, serta menggunakan perasaan tersebut untuk memandu pikiran dan tindakan.
Sampel diambil menggunakan taknik Random Sampling, sedangkan analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Skala pola asuh dan skala kecerdasan emosional digunakan untuk mengukur tingkat jenis pola asuh dominan dan tingkat kecerdasan emosional pada subjek. Kedua skala ini memiliki nilai Alpha Cronbach di atas 0,70
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pola asuh orang tua yang dominan di MAN 1 Sidoarjo yakni pola asuh demokratis dengan persentase 80%. Sedangkan tingkat kecerdasan emosional siswa-siswi MAN 1 Sidoarjo dikategorikan sedang dengan nilai persentase 78 % (73 responden). Berdasarkan uji regresi linear berganda, didapatkan hasil bahwa pola asuh otoriter (p = 0,023, p < 0,05) dan pola asuh demokratis (p = 0,000, p < 0,05) memiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosi siswa-siswi MAN 1 Sidoarjo. Sedangkan pola asuh permisif (p = 0,748, p > 0,05) tidak memiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosi siswa-siswi MAN 1 Sidoarjo. Selsin itu, penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis merupakan yang paling dominan mempengaruhi kecerdasan emosional dengan nilai Beta 0,788). Kemudian, berdasarkan persentase pengaruh, ditemukan bahwa pola asuh mempengaruhi kecerdasan emosional sebesar 32,7% sedangkan 67,3% dipengaruhi oleh variabel yang lain.
ENGLISH :
This research aims to find out whether or not there is effect of parenting pattern towards students’ emotional intelligence of MAN 1 Sidoarjo. Main theory used is parenting theory by Baumrind (1971 which has been adapted by Robinson (1995). Parenting is divided into three parts, democratic, authoritative and permissive. While for emotional intelligence, it uses the theory of Salovey and Mayers (1990) which has been adapted by Schuttee (1998). What is meant by emotional intelligence here is individual’s competence to monitor and control feelings of her/him and others, and uses those feelings to guide mind and action.
Sample is taken by using random sampling technique, while to analyse the data, it uses multiple linear regression test. Scales of parenting and emotional intelligence are used to measure kevel of parenting types and emotional intelligence on subject. These two scales have Alpha Cronbach score which is above 0,70.
The result of the research shows that type of parenting which is dominant on MAN 1 Sidoarjo is democratic with a percentage of 80%. While the level of students’ emotional intelligence of MAN 1 Sidoarjo is categorized average with a percentage of 78% (73 respondents). Based on multiple linear regression test, it reveals that authoritative parenting (p = 0,023, p < 0,05) and democratic parenting (p = 0,000, p < 0,05) have the effect towards students’ emotional intelligence of MAN 1 Sidoarjo. While permissive parenting (p = 0,748, p > 0,05) has no effect towards students’ emotional intelligence of MAN 1 Sidoarjo. Besides, this research implies that democratic parenting is the most dominant parentig type which affects emotional intelligence with the value beta of 0,788). Then, based on the effect percentage, it is found that parenting pattern affects emotional intelligence of 32,7% while 67,3% is affected by other variables.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Soleh, A. Khudori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Kecerdasan Emosional; Parenting; Emotional Intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2018 09:42 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2018 09:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11154 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |