Responsive Banner

Manajemen hubungan masyarakat dalam menarik minat masyarakat di SMK Negeri 2 Ponorogo

Andi, Rosalina Nuriza (2018) Manajemen hubungan masyarakat dalam menarik minat masyarakat di SMK Negeri 2 Ponorogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15711004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Manajemen hubungan masyarakat merupakan sebuah manajemen yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian terhadap hubungan masyarakat. Hubungan masyarakat adalah organisasi yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Tanpa adanya manajemen yang baik maka humas di sekolah tidak akan berjalan maksimal.

Adapun tujuan penelitian ini memfokuskan pada 3 hal yaitu; 1) Bagaimana Strategi Penguatan Lembaga Humas di SMK Negeri 2 Ponorogo, 2) Bagaimana Strategi Humas dalam Menarik Minat Masyarakat di SMK Negeri 2 Ponorogo, 3) Bagaimana Model Pengelolaan Humas dalam Menarik Minat Masyarakat di SMK Negeri 2 Ponorogo

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMK Negeri 2 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui meningkatkan ketekunan dan Member check.

Hasil penelitian ini; (1) Strategi Penguatan Lembaga Humas di SMK Negeri 2 Ponorogo. Sebagai organisasi yang penting di sebuah lembaga pendidikan, humas disuport oleh pendanaan dan juga seluruh komponen sekolah. Humas bekerja sama dengan seluruh waka yang ada di sekolah yaitu waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarana prasarana, dan yang paling mengerucut adalah humas bertanggung jawab kepada kepala sekolah. Dari segi pendanaan, humas didukung oleh dana dari BOS dan juga komite. (2) Strategi Humas dalam Menarik Minat Masyarakat di SMK Negeri 2 Ponorogo.Strategi humas dalam menarik masyarakat yaitu: a) distingtif, yaitu membangun reputasinya dengan sebaik mungkin. b) fokus, yaitu menjadi pusat pendidikan yang menghasilkan tamatan profesional dan mandiri yang berwawasan iptek, berlandaskan imtaq, peduli dan berbudaya lingkungan. c) reputasi, d) identitas, yaitu sekolah pariwisata. (3) Model Pengelolaan Humas dalam Menarik Minat Masyarakat. Perencanaan humas meliputi perencanaan fisik, perencanaan fungsional, perencanaan secara luas, dan perencanaan yang dikombinasikan. Pelaksanaan humas, menjalin hubungan kerjasama dengan pihak luar demi tercapainya tujuan sekolah. Dalam menarik minat masyarakat, humas SMK Negeri 2 Ponorogo melakukan kegiatan sebagai berikut: sosialisasi humas ke sekolah-sekolah, mendatangkan perwakilan siswa ke SMK Negeri 2 Ponorogo, promosi melalui media cetak, melalui media elektronik, melalui siswa, guru, dan karyawan.Evaluasi humas, dilakukan setiap akhir kegiatan, juga melalui audit internal dan audit eksternal.

ENGLISH:

Public Relation Management is a management provicy include planning, implementation, organizing process about public relation. Public relation is organization which very important inside institution education. Without good management, then public relation at school will not exist as maximal.

The aim of this research is to describe and analyze three things: 1) How does strategic reinforcement institution public relation at SMK Negeri 2 Ponorogo. 2) How does strategic public relation inside interesting public relation SMK Negeri 2 Ponorogo. 3) How does system manage public relation at institution public relation SMK Negeri 2 Ponorogo. Data collection techniques is conducted with interview, observasion, and documentation. Data analysis techniques is data presentation, data reduction, and conclusion or verification. While the examination of data validity is organized by increase perseverance andMember check.

The research findings show that:(1) Strategic reinforcement institution public relation at SMK Negeri 2 Ponorogo. As organization which important at institution education, public relation support by finances and all school component. Public relation collaboration with all deputy headat school: deputy head of curriculum, deputy head of student, deputy head of medium and infrastructure which very important is public relation take charge with headmaster. From financial aspect, public relation backing by financial from Bantuan Operasional Sekolah and from committee. (2) Strategic public relation inside interesting public relation SMK Negeri 2 Ponorogo. through: a) distingtif, is construct reputation with advisable. b) focus, is be central education whichyang produce professional and autonomous graduationwhich conception science and technology, based faith and godfearing, care and environmentally culture.
c) reputation, d) identity, is tourism school. (3) System manage public relation at institution public relation SMK Negeri 2 Ponorogo get started from planning public relation through physical planning, functional planning, wide planning, andcombine palanning. Implementation public relation through collaboration with outside by aim school. Inside interesting society proclivity, public relation at SMK Negeri 2 Ponorogo do activity through:socialiszation public relation to schools, wreaking delegation student to SMK Negeri 2 Ponorogo, promotion pass newspapers, electronic media, passstudent, teacher, and employee. Evaluate public relation, do each end activity and internal and eksternal audit.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Esha, Muhammad In’am
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBaharuddin, BaharuddinUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDEsha, Muhammad In’amUNSPECIFIED
Keywords: Strategi Hubungan Masyarakat; Minat Masyarakat; Strategic Public Relation; Society Proclivity
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mely Santoso
Date Deposited: 15 Aug 2018 14:56
Last Modified: 15 Aug 2018 14:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11142

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item