Pengaruh konflik peran ganda terhadap Psychological Well Being pada guru SLB di Malang

Ardiansyah, Nurkholis (2017) Pengaruh konflik peran ganda terhadap Psychological Well Being pada guru SLB di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12410084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Partisipasi perempuan yang bekerja khususnya di Jawa Timur, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan antara tahun 2009 - 2012 terjadi kenaikan presentase perempuan yang bekerja dari 57,41% - 59,43% atau naik 2,02%. Guru SLB berperan sebagai tenaga pendidik siswa dengan disabilitas dan bertanggung jawab pada peran untuk keluarga, atau yang disebut konflik peran ganda (work-family conflict). Berdasarkan fakta di lapangan, untuk mendidik siswa disabilitas harus lebih sabar karena pemahaman antar siswa berbeda dan salah satu responden memutuskan mundur sementara dari pekerjaan karena ada permasalahan keluarga. Oleh karena itu diperlukan penelitian yang mampu melihat keseimbangan pekerjaan dan keluarga, dalam hal ini psychological well-being yang perlu diupayakan oleh guru SLB.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda terhadap psychological well-being pada guru SLB di Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, karena keterbatasan informasi dari DIKNAS Kota Malang dan DIKNAS Provinsi Jawa Timur Cabang Malang dan Batu. Berdasarkan keterbatasan informasi tersebut, tekhnik pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampling insidentil, yang merupakan tekhnik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/ insidental bertemu dengan peneliti, jika orang yang ditemui sesuai sebagai sumber data. Responden penelitian merupakan guru SLB perempuan, yang diambil seluruhnya dari empat sekolah: SLB Sumber Dharma, SDLBN Kedungkandang, SLB Idayu 2 Pakis, dan SLB Autisma River Kids yang keseluruhan berjumlah 61 orang. Skala konflik peran ganda diaptasi dari skala yang disusun Carlson, Kacmar & Williams, dan skala psychological well-being diadaptasi dari skala yang disusun Caroll D. Ryff.

Hasil peneltian menunjukkan bahwa tingkat konflik peran ganda rendah, dan tingkat psychological well-being tinggi. Analisa data pada penelitian ini menunjukkan konflik peran ganda peberpengaruh terhadap psychological well-being dengan nilai p=0,000 dan nilai R=0,574. Aspek konflik peran ganda, yaitu aspek tekanan pekerjaan menggangu keluarga merupakan aspek pembentuk utama psychological well-being (p=0,002). Hasil penelitian juga menunjukkan aspek konflik peran ganda sebagai pembentuk utama aspek psychological wll-being yaitu aspek waktu pekerjaan mengganggu keluarga (p=0,000) yang berpengaruh pada penerimaan diri dan waktu keluarga mengganggu pekerjaan (p=0,000) yang berpengaruh pada aspek otonomi. Berdasarkan uji-T diperoleh bahwa ada perbedaan psychological well-being responden yang menikah dan belum menikah, yaitu lebih tinggi psychological well-being responden yang belum menikah.

ENGLISH:

Participation of women working in particular in East Java, according to data from the Central Statistics Agency (BPS) showed that between the years 2009 to 2012 an increase in the percentage of women working from 57.41% - 59.43%, up 2.02%. Teachers SLB role as educators of students disabilities and responsible role in the family, or so-called work-family conflict (work-family conflict). Based on the facts on the ground, to educate students to be more patient disability because of an understanding between students of different and one of the respondents decided to resign from work because there are family problems.

Therefore we need research that is able to see the balance of work and family, in this case the psychological well-being that should be pursued by the specialed teacher. This study aimed to determine the effect of the conflict on the work-family of psychological well-being on a specialed teacher in Malang. The method used is quantitative method. The population in this study don’t known amount, due to the limited information of National Education and the National Education Malang East Java Province branch Malang and Batu. Based on the limitations of the information, techniques of sampling using sampling techniques incidentil, which is a sampling technique based on chance, that anyone who by chance / incidental meet with researchers, if the person who found appropriate as a data source. SLB teacher survey respondents are female, drawn entirely from four schools: SLB Source Dharma, SDLB Kedungkandang, SLB Idayu 2 Ferns, and SLB Autisma River Kids are a whole amounted to 61 people. adapted work-family conflict scale of the scale are arranged Carlson, Kacmar & Williams, and psychological well-being scale adapted from the scale are arranged Caroll D. Ryff.

Research finding indicate that the level work-family conflict is low, and the level of psychological well-being high. Analysis of the data in this study show a work-family conflict effect to the psychological well-being with a value of p = 0.000 and R = 0.574. Aspects work-family conflict, namely the aspect of job pressures interfere with the family is a major shaper aspects of psychological well-being (p = 0.002). The results also show aspects of the conflict of work-family as the primary shaper psychological aspect wll-being that aspect of work interfere with family time (p = 0.000) that affect the acceptance of self and family time interfere with the work (p = 0.000), which affects the aspect of autonomy. Based on T-test showed that there are differences in psychological well-being of respondents were married and unmarried, are higher psychological well-being of respondents who are not married.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sa'diyah, Elok Halimatus
Keywords: Konflik Peran Ganda; Kesejahteraan Psikologis; Work-Family Conflict; Psychological Well-Being
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:52
Last Modified: 03 Aug 2018 07:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item