Suhendrianto, Suhendrianto (2017) Pengembangan media pembelajaran monopoli tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FullText)
14761023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia dari kurikulum KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013 memiliki dampak yang beragam dalam dunia pendidikan. Materi pembelajaran yang dahulunya terpisah, kini menjadi satu kesatuan dalam satu tema yang mencakup beberapa muatan pembelajaran yang saling berkaitan. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam belajar dan motivasinya pun menurun. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran guna menunjang proses pembelajaran di kelas dan juga untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan spesifikasi hasil produk dari media pembelajaran monopoli tematik, (2) untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan dan keefektifan media pembelajaran monopoli tematik, dan (3) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV MIN Tegalasri dalam pembelajaran tematik yang menggunakan media monopoli tematik tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) model pengembangan Walter Dick & Low Carey.
Produk media pembelajaran monopoli tematik ini mendapatkan hasil validasi dari ahli materi/isi dengan skor presentase sebesar 80% yang berarti valid. Hasil validasi dari ahli desain media pembelajaran didapatkan skor presentase sebesar 96% yang berarti sangat valid. Sedangkan hasil validasi dari ahli pembelajaran didapatkan skor presentase sebesar 89% yang berarti valid. Kemudian hasil uji coba perorangan didapatkan skor presentase sebesar 81%, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93%, dan uji coba lapangan sebesar 94% yang berarti berada pada kualifikasi sangat valid.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pre-test dan post-test yang diolah melalui uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,966 yang berarti di atas 0,05, dan thitung terbukti lebih besar dari ttable, yaitu thitung sebesar 3,063 > ttabel yaitu 2,048. Dari uji-t tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan efektif secara signifikan. Keefektifan media pembelajaran ini diperkuat dengan meningkatnya motivasi siswa dari hasil obsevasi mengalami peningkatan 18% dari 75% menjadi 93%. Sedangkan dari hasil angket, motivasi siswa mengalami peningkatan 13% dari 76% menjadi 89%.
ENGLISH:
Curriculum changes that occurred in Indonesia from the curriculum of KTSP 2006 to the curriculum of 2013 have a diverse impact in education. The previously divided learning material, now a unity in a theme that includes several interrelated learning content. This resulted in the students difficulties in learning and motivation was decreased. Therefore it is necessary for the development of instructional media to support the learning process in the classroom and also to improve student motivation in learning.
This research was conducted at MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. The subjects of this study were students of class IVA as experimental group and IVB class as control group. The objectives of this research and development are (1) to develop product specification from thematic monopoly learning media, (2) to describe the level of validity and effectiveness of thematic monopoly learning media; and (3) to describe the improvement of learning motivation of fourth grade students of MIN Tegalasri in learning Thematic theme using thematic monopoly theme 7 The beauty of diversity in my country. Research method used is research and development model Walter Dick & Low Carey.
This thematic monopoly learning media products gets validation results from the material / content experts with a percentage score of 80% which means valid. The validation result from the design expert of instructional media got the percentage score of 96% which means very valid. While the results of validation from the expert of learning got percentage score of 89% which means valid. Then the results of individual trials obtained percentage score of 81%, small group test results of 93%, and field trials of 94% which means that the qualification is very valid.
The result of data analysis shows that the pre-test and post-test resulted from t-test shows the significance value of 0.966 which means above 0,05, and tcount proved bigger than ttable, that is tcount of 3.063> ttable ie 2.048. From t-test it can be seen that learning by using learning media has developed can be said to be effective significantly. The effectiveness of learning media is reinforced by the increase of students' motivation from observation result increased 18% from 75% to 93% while from questionnaire result, student motivation increased 13% from 76% to 89%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah and Padil, Moh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Monopoli Tematik; Motivasi Belajar; Development; Thematic Monopoli Media; Learning Motivation | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2018 10:06 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2018 10:06 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11093 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |