Setiawan, Agus (2017) Pembelajaran Fiqih di lembaga pendidikan formal: Studi ketuntasan belajar di MTs Pembangunan Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15750026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Madrasah sebagai suatu lembaga pendidikan formal, secara sistematis merencanakan bermacam-macam lingkungan, fiqih merupakan salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat, maupun hubungan manusia dengan Penciptanya. Dalam menjalani aktivitas dalam beragama, manusia menggunakan fiqih sebagai pedomannya. Tata cara thaharah, shalat, zakat, puasa, haji, shadaqah dan ibadah lainya.
Oleh karenanya dalam dunia pendidikan formal, pengembangan potensi peserta didik, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik menjadi tugas pendidik, dan pendidik juga dituntut harus mampu mengupayakan peserta didik untuk bisa mendapatkan pengalaman belajar dan praktiknya sekalian dari proses belajar yang dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pembelajaran Fiqih, (2) Teori Belajar Fiqih dan Praktik Fiqih, dan (3) Ketuntasan Belajar Fiqih di kelas VII MTs Pembangunan Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah itu data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi data atau menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Fiqih di kelas VII MTs Pembangunan Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan berdasarkan pada konsep pembelajaran yang simpel, aplikatif serta langsung dipraktikkan, ini bertujuan supaya anak didik mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru serta mengalikasikan dalam ibadahnya setiap hari di rumah, di sekolah maupun di asrama.
(2) Teori Belajar Fiqih dan Praktik Fiqih di kelas VII MTs Pembangunan Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan yaitu menggunakan Teori Taksonomi Bloom’s serta langsung diaplikasikan atau dipraktikkan. (3) Ketuntasan Belajar Fiqih di kelas VII MTs Pembangunan Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan, antara lain dalam pembelajaran Al-Qur’an harus hafal Juz Amma, dalam pembelajaran fiqihnya para peserta didik mampu menguasai dan menghafal bacaan-bacaan, do’a-do’a serta praktik tentang wudhu, tayamum, shalat fardhu, shalat jama’ah, puasa, infaq dan sedekah.
ENGLISH:
Madrasah as a formal educational institution, systematically plotting various environments, fiqh is one of the areas of science in Islamic law that specifically addresses the legal issues that govern various aspects of human life, whether private life, community, and human relationships with the Creator. In undergoing religious activity, humans use fiqh as a guide. Ordinances thaharah, prayer, zakat, fasting, hajj, shadaqah and other worship.
Therefore, in the world of formal education, the development of potential learners, both cognitive, affective, and psychomotor aspects become the task of educators, and educators are also required to be able to seek learners to get experience learning and practice all from the learning process undertaken.
This study aims to know and analyze: (1) Learning Fiqh, (2) Fiqih Learning Theory and Practice Fiqh, and (3) Completion of Learning Fiqih in class VII MTs Development Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan.
This research uses qualitative descriptive approach, the type of research is field research. The data collection of this research uses observation, interview and documentation method, after which the collected data is analyzed with data reduction stage, data presentation and the last is data verification or draw conclusion.
This study shows that: (1) Learning Fiqh in class VII MTs Development of Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan based on the concept of simple learning, applicable and directly practiced, this aims so that students easily accept and understand the material taught by the teacher as well as to revise in his daily worship at home, at school and in dormitories. (2) Theory of Learning Fiqh and Practice Fiqih in class VII MTs Development of Kikil Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan is using Bloom's Taxonomy Theory and directly applied or practiced. (3) Completed Learning Fiqih in class VII MTs Development of Kikil Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan, among others in learning the Qur'an must memorize Juz Amma, in learning fiqihnya learners are able to master and memorize the readings, do ' a-do'a as well as the practice of ablution, tayamum, fardhu prayer, salat jama'ah, fasting, infaq and alms.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rofiq, Aunur and Badruddin, Badruddin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pembelajaran Fiqih; Studi Ketuntasan Belajar dan Lembaga Pendidikan Formal; Learning Fiqh; Study Completed Learning and Formal Education Institutions | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Ilmu Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2018 14:47 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2018 14:47 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11081 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |