Mubarok, Fikri (2017) Manajemen pengembangan mutu dosen menuju world class university di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15710009.PDF - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA :
Sebagai "jantung" perguruan tinggi, dosen sangat menentukan mutu pendidikan dan lulusan yang dilahirkan perguruan tinggi tersebut. Jika para dosennya bermutu tinggi, maka kualitas perguruan tinggi tersebut juga akan tinggi, demikian pula sebaliknya. Sebaik apapun program pendidikan yang dicanangkan, bila tidak didukung oleh para dosen bermutu tinggi, maka akan berakhir pada hasil yang tidak memuaskan. Hal itu karena untuk menjalankan program pendidikan yang baik diperlukan para dosen yang juga bermutu baik. Dengan memiliki dosen-dosen yang baik dan bermutu tinggi, perguruan tinggi dapat merumuskan program serta kurikulum termodern untuk menjamin lahirnya lulusan-lulusan yang berprestasi dan berkualitas istimewa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi, evaluasi, dan monitoring manajemen pengembangan mutu dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menuju pencapaian world class university.
Penelitian manajemen pengembangan mutu dosen menuju world class university di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini menggunakan paradigma interpretive/post positivistic dengan pendekatan kualitatif. Maksud paradigma interpretive/post positivistic adalah bahwa realitas sosial sesungguhnya bersifat maknawi. Ia bergantung pada makna dan interpretasi yang diberikan oleh manusia yang memandangnya. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dapat dicapai dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumen. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari primer dan skunder. Data primer berupa hasil dari wawancara dengan subjek penelitian yang berkaitan dan berhubungan langsung dengan focus penelitian, data ini diperoleh dari Kepala Lembaga Penjaminan Mutu UIN Malang jajaran direksi di bawahnya serta beberapa pihak-pihak yang terkait dengan manajemen pengembangan mutu dosen di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh oleh penulis yang tidak berkaitan langsung dengan fokus penelitian tetapi hanya sebagai penguat dan pelengkap data primer. Data yang terkumpul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian.
Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa Implementasi manajemen pengembangan dan pembinaan mutu dosen di UIN Malang yaitu: a) Pembinaan dan Pengembangan Profesional Oriented yaitu pembinaan yang memfokuskan peningkatan mutu sesuai dengan profesinya yang meliputi tridharma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Pendekatan yang dilakukan meliputi: program latihan prajabatan; studi lanjut gelar; studi lanjut non gelar; pertemuan-pertemuan ilmiah, asistenship (bimbingan dosen senior-yunior), coaching, penugasan-penugasan, pelatihan dan lokakarya, penulisan karya ilmiah, kegiatan pengajaran; kegiatan pengabdian masyarakat; pendekatan terapan; team teaching; studi banding; kerjasama; pengembangan diri sendiri; control mahasiswa; team learning. b) Pembinaan dan Pengembangan Spiritual Oriented yaitu pembinaan dan pengembangan mutu dosen melalui pendekatan spiritual habit yang biasa disebut oleh UIN Malang dengan Dzikir, Fikr, dan Amal Sholeh yang meliputi pembiasaan sholat berjama’ah, dzikir, khotmul Qur’an, tausiyah, hifdzhul Qur’an, puasa senin dan kamis, kekeluargaan dan kebersamaan (silaturrahmi), diskusi agama, shodaqoh, dan zakat. Sedangkan, Evaluasi manajemen Pengembangan Mutu Dosen di UIN Malang menggunakan aplikasi SIAKAD yang terintegrasi untuk mengetahui Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) dan Indeks Kepuasan Teman Sejawat (IKTS) yang dijadikan patokan dalam mengukur kinerja dosen secara cepat, efektif, dan efisien.
ENGLISH:
As the "heart" of universities, lecturers determine the quality of education and graduates who were born the college. If the lecturers are of high quality, then the quality of the college will also be high, and vice versa. Whatever educational program is proclaimed, if not supported by high-quality lecturers, it will end up on unsatisfactory results. That's because to run a good education program required the lecturers who are also good quality. By having good and high quality lecturers, universities can formulate the program and the modern curriculum to ensure the birth of graduates who excel and qualified. This study aims to describe and analyze the implementation, evaluation and monitoring of lecturer quality development management at the University Islamic State (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang towards the achievement of world class university.
The research of quality development of lecturer toward world class university in UIN Maulana Malik Ibrahim Malang uses interpretive / post positivistic paradigm with qualitative approach. The purpose of the interpretive / post-positivistic paradigm is that social reality is actually meaningful. It depends on the meaning and interpretation given by the human being who views it. This type of research uses case study research. Data collection techniques can be achieved by (1) in-depth interviews, (2) participant observation, and (3) document studies. The data source of this research consists of primary and secondary. Primary data is the result of interviews with related research subjects and directly related to the research focus, this data is obtained from the Head of Quality Assurance Agency of UIN Malang under the board of directors as well as several parties related to lecturer quality development management in UIN Maulana Malik Ibrahim Malang while the secondary data in the form of data obtained by the authors that are not directly related to the focus of research but only as a booster and complement the primary data. The data collected from the three data collection methods were analyzed to obtain the research findings.
The findings of this study indicate that the management implementation of developing lecturers quality in UIN Malang are: a) Guidance and Development of Professional Oriented is the guidance that focuses on quality improvement according to the profession which includes the tridharma of higher education (education and teaching, research, and community service) . Approaches include: pre-service training program; advanced degree studies; further non degree studies; scientific meetings, asistenship, coaching, assignments, training and workshops, writing scientific papers, teaching activities; community service activities; applied approach; team teaching; comparative study; cooperation; self-development; student control; team learning. b) Spiritual Oriented Guidance and Development is the guidance and development of lecturers quality through spiritual approach of habit commonly called by UIN Malang with Dhikr, Fikr, and Amal Sholeh which includes habit of praying in congregation, dhikr, khotmul Qur'an, tausiyah, hifdzhul Qur 'an, Monday and Thursday's fast, kinship and togetherness (silaturrahmi), religious discussion, shodaqoh, and zakat. Meanwhile, Evaluation of Quality Management of Lecturers in UIN Malang uses SIAKAD application which is integrated to find out Student Satisfaction Index (IKM) and Lecturer Satisfaction Index (IKTS) which is used as a benchmark to measure lecturer performance quickly, effectively and efficiently.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Marno, Marno | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Manajemen; Mutu; Dosen; World Class University; Management; Quality; Lecturer; World Class University | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Mely Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2018 14:11 | |||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2018 14:11 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11074 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |