Makruf, Anang (2017) Penerapan transformasi geometri pada animasi shalat untuk media pembelajaran siswa sekolah dasar berbasis augmented Reality. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13650043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA :
Penggunaan smartphone saat ini tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak usia dini sudah mengkonsumsinya setiap hari. Dalam segi penggunaannya anak-anak cenderung memakainya dalam bermain. Mengenalkan dan mendidik untuk sholat sebaiknya mulai sejak usia dini. Namun kendalanya anak-anak lebih suka bermain dengan smartphone dari pada belajar sholat dengan buku-buku. Oleh untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran sholat berbasis perangkat android. Aplikasi ini menggunakan teknologi augmented reality berbasis marker untuk menampilkan sebuah objek. Metode yang di gunakan dalam aplikasi ini adalah metode transformasi geometri yang diletakkan pada objek animasi. Aplikasi ini menampilkan objek 3 dimensi dan suara tentang gerakan sholat dan bacaan sholat. Berdasarkan hasil pengujian di SDIT Al Rahbini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat merupakan salah satu kategori media pembelajaran yang menarik dan efektif serta dapat membantu anak-anak dalam mempelajari gerakan serta bacaan dalam sholat. Setelah melakukan uji coba melalui pre test dan post test rata-rata nilai siswa meningkat antara 4-10 poin.
ENGLISH :
The use of smartphones is currently not only adult but also children used it every day. In terms of the use of Smartphone, children tend to use it to play games. Prayer’s introduction and education should start from early age. Nevertheless, the barriers are children prefer to play with Smartphone than learning about prayer with books. Therefore, the application of learning media about prayer based on android devices is developed to create the interesting and effective learning. This application uses the technology of augmented reality based on marker to display an object. This application uses the geometry transformation method on the object animation. This application displays the 3-dimension objects and sounds of reciting of prayer. Based on the result, of testing in the SDIT Al-Rahbini, this application can be one of the categories of an interesting and effective learning media. Moreover, it can help children in learning about prayer. After doing test through a pretest and post-test, the score of students increased average 4-10 points.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Imamudin, Mochamad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Sholat; Android; Augmented Reality; Learning Media; Prayer; Android Devices; Augmented Reality | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | |||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2018 14:21 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2023 09:21 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11032 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |