Pratama, Aril (2017) Hubungan antara kelelahan mengemudi dengan aggresive driving pengemudi PO. Sumber Group. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (fulltext)
10410185.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus PO Sumber Group ini menjadi suatu fenomena yang tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Kurang disiplinnya pengemudi bus Sumber Group sangat membahayakan pengemudi jalan lainnya. misalnya sopir yang mengemudikan kendaraan secara ugal-ugalan tidak memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna. Seringkali pengemudi yang mengemudi secara ugal-ugalan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti dalam keadaan sakit, lelah, dikejar waktu, dan bisa karena kewajiban untuk kejar setoran dan lainnya sehingga mempengaruhi cara mengemudikan kendaraan secara ugal-ugalan sehingga menyebabkan sering terjadinya kecelakaan dan penumpang yang menjadi korban.
Penelitian ini dilakukan pada pengemudi PO. Sumber Group, dengan tujuan: (1) untuk mengetahui tingkat kelelahan pada pengemudi AKAP PO. Sumber Group (2) untuk mengetahui tingkat aggresive driving pada pengemudi AKAP PO. Sumber Group, dan (3) untuk membuktikan ada tidaknya hubungan kelelahan terhadap perilaku agresif mengemudi (aggressive driving) pada sopir bus AKAP PO.Sumber Group.
Rancangan penelitian ini adalah korelasional kuantitatif. Variabel bebasnya adalah kelelahan (X) dan variabel terikatnya aggresive driving (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh pengemudi PO. Sumber Group (100 pengemudi) . Sampel diambil dengan mengunakan teknik purposive sampling atau secara acak. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala likert. Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha cronbach.. Analisa data penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 18.0 for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Dari hasil analisa tingkat kelelahan pengemudi berada pada kategori tinggi . dengan prosentase 57% (2) tingkat aggressive driving pengemudi berada pada kategori tinggi . Ini ditunjukkan dengan hasil skor yang diperoleh, dengan prosentase 54%, (3) nilai F = 0,532 dengan nilai p = ,000. Hasil ini berarti hipotesis yang menyatakan adanya hubungan kelelahan terhadap aggressive driving signifikan dengan taraf signifikansi 0.01 (taraf penerimaan 99%). Selain itu nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.01 dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelelahan mengemudi dengan aggressive driving. Dengan koefisien korelasi sebesar rxy 0,532 artinya kelelahan mengemudi memiliki pengaruh sebesar 53% terhadap aggressive driving.
ENGLISH:
Traffic accidents that are involving the bus of PO. Sumber Group become a phenomenon that can not be allowed. The lack of discipline of the bus driver of Sumber Group is very dangerous to other drivers. For example a driver who drives a reckless and it does not provide security and comfort to the users. Often, the drivers who drive recklessly are influenced by factors such as sickness, fatigue, time chased, and may be due to the obligation to pursue deposits and others and it influences the driving way of vehicle recklessly and the passengers who are the victims .
This study was conducted on the PO Sumber Group drivers, with the aimed at: (1) knowing the fatigue level on the PO. AKAP Sumber Group drivers (2) finding out the aggressive driving level on the PO. Sumber Group AKAP driver, and (3) proving the presence or absence of fatigue relationship against the aggressive driving behavior on the bus driver of AKAP PO. Sumber Group.
The design of this research was a quantitative correlation. The independent variables are fatigue (X) and aggressive driving (Y) as dependent variable. The population of this study were all PO. Sumber Group drivers. (100 drivers). Samples were taken by using purposive sampling technique or randomly. In collecting the data, the researcher used questionnaire method of likert scale. Validity test used product moment formula and reliability test used alpha cronbach formula. Analysis of this research data used SPSS version 18.0 for Windows.
Based on the results of the study can be concluded: (1) From the analysis of driver fatigue level was in the high category. With percentage of 57%. (2) aggressive driving level of driver was in high category. This was indicated by the results of the scores, with a percentage of 54%, (3) the value of F = 0.532 with a value of p = 000. This result meant the hypothesis said that there was a fatigue relationship against aggressive driving, significant with significance level was 0.01 (99% acceptance rate). In addition, the significance value of 0.000 <0.01 can be interpreted that there was a positive and significant relationship between driving fatigue with aggressive driving. The correlation coefficient of rxy 0.532 that meant driving fatigue had an effect of 53% against aggressive driving
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Purwaningtyas, Endah Kurniawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kelelahan Mengemudi; Aggresive Driving; Driving Fatigue; Aggresive Driving | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Arsyadillah Arsyadillah | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2018 15:32 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2018 15:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10987 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |