Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian dengan electronic word of mouth (EWOM) sebagai variabel intervening pada cake asix (A6) Malang

Sa’adah, Lailatus (2018) Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian dengan electronic word of mouth (EWOM) sebagai variabel intervening pada cake asix (A6) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14510151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, hal ini sejalan dengan meningkatnya pengguna media sosial. Adanya media sosial mempermudah berinteraksi khususnya berbisnis. Dengan media sosial, berbisnis akan mempermudah perusahaan dalam promosi, menyebar informasi dan menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Dengan adanya media sosial maka akan terjalin komunikasi yang dinamakan electronic word of mouth (EWOM), harapannya perusahaan dengan konsumen maupun konsumen dengan konsumen bisa saling berpendapat dan saling memberikan komentar-komentar mengenai produk yang nantinya akan berdampak pada keputusan pembelian. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung maupun tidak langsung antara variabel media sosial terhadap keputusan pembelian dengan EWOM sebagai variable intervening.

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Asix oleh-oleh khas Malang yang dimiliki oleh Anang sekeluarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data yang berupa angka. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 110 responden dengan metode Nonprobabilty sampling serta teknik purposive sampling. Untuk analisis data dengan menggunakan teknik Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial secara langsung berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara tidak langsung media sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan EWOM sebagai variabel intervening. Dan EWOM mampu menjadi variabel mediasi antara media sosial dan keputusan pembelian.

ENGLISH:

Internet users in Indonesia are increasing, it is effected by the increasing user of social media. The existence of social media makes it easy to interact with particular business. With social media, the company will make it easier to interact, especially in business. With social media, doing bisnis will facilitate the company in promotion, spread information and attract consumers to make purchasing in the promotion, spread information and attract consumers to do the purchasing decition part. social media it will be established communication called electronic word of mouth (EWOM), it’s hope the company with consumers or consumers consumer with the consumer can mutually argue and give their comments about the product that will affect the purchasing decisions part. This research is done to know how big the influence of direcly or indirectly between the social media variable to decition of purchaseing with intervening variable as EWOM.

This research was conducted on on Asix company by Malang souvenirs, owned anang family. This type of research used in this research of quantitative, approach by collecting data in the form of number. The sample used in this study were 110 respondents with Nonprobabilty sampling method and purposive sampling technique. For data analysis using Partial Least Square (PLS) technique.

The results of this study indicate that social media direcly have a significant positive effect on purchasing decision. then indirect social media have a positive effect on purchasing decisions with EWOM as intervening variable. And EWOM is able to be a mediating variabel between social media and purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasan, Irmayanti
Keywords: Media sosial; Electronic Word Of Mouth (EWOM); Keputusan Pembelian; Social media; Electronic Word Of Mouth (EWOM); purchasing decisions
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 27 Apr 2018 03:49
Last Modified: 27 Apr 2018 03:49
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item