Pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang

Dhorifah, Maidatud (2017) Pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
13140110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

INDONESIA:

Konsep interaksi (sosial) diarikan di atas merupakan suatu tindakan timbal balik atau saling berhubungan antara dua orang lebih malalui sistem kontak dan komunikasi dalam ketergantungan satu sama lain secara teratur dan merupakan suatu keseluruhan. Dari definisi tersebut maka hubungan guru-murid di ruang kelas dapat dipandang sebagai suatu masyarakat. Sebab hubungan guru-murid merupakan suatu interaksi sosial, dimana dalam konsep persahabatan, hubungan guru-murid mengandung suatu tindakan timbal balik antara dua orang atau lebih melalui suatu kontak dan komunikasi. Setiap individu siswa memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian dan pembentukan karakter siswa tentunya tentang bagaimna cara dia berinteraksi dengan lingkungannya baik disekolah maupun masyarakat. Dari latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui bagimana interaksi sosial dan hasil belajar serta pengaruhnya interaksi sosial dengan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mambaul-Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang. (2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa belajar kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mambaul-Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar dengan pengambilan sampel sebanyak 52 responden. Teknik pengambilan data yaitu dengan metode angket, wawancara dan dokumentasi digunakan digunakan sebagai data pelengkap. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, dan Reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linear sederhana dengan Uji T.

Berdasarkan analisis deskriptif statistik diketahui bahwa siswa kelas V MI Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang memiliki tingkat interaksi sosial dan hasil belajar yang tinggi. (1) Pencapaian interaksi sosial siswa kelas V MI Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang sebesar 48,08%, sedangkan hasil belajar siswa kelas V MI Mambaul Ulum Pagelaran Malang sebesar 84,62%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif atau signifikan antara interaksi sosial dan hasil belajar siswa kelas V MI Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang. Berdasarkan nilai T: diketahui nilai Thitung sebesar 2,120 > Ttabel 2,009. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Interaksi Sosial (X)
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa MI Mambaul Ulum Pagelaran Malang variabel (Y). (2) Sedang nilai R Squere sebesar sebesar 0,082 atau sama dengan 8,2% yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (interaksi sosial) terhadap variabel terikat (hasil belajar) adalah kuat. Angka R square atau koefisien determinasinya sebesar 0,082 artinya bahwa hasil belajar dapat dijelaskan oleh interaksi sosial sebesar 8,2% dan sisanya sebesar 91,8% yang dijelaskan oleh varibel-variabel lain di luar penelitian.

ENGLISH:

The concept of interaction (social) mentioned above is an act of reciprocity or interconnection between two or more person through the contact system and communication in dependence on each other regularly and thoroughly. From this definition, teacher-student relationships in the classroom can be categorized as a society. Because the teacher-student relationship is a social interaction, where in the concept of friendship, the teacher-student relationship contains a mutual action between two or more persons through a contact and communication. Each student has a different environment and background, so that it affects the personality and character building of students especially about how the way he interacts with their environment both in school and society. From the background, the researchers want to know how social interaction and learning outcomes as well as the effect of social interaction with student learning outcomes.

The purpose of this study was to (1) Determine whether there is a positive and significant influence between social interaction on students’ learning outcomes class V Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang, (2) Find out how much the influence of social interaction towards the students’ learning outcomes in class V Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang.

To achieve the objectives mentioned above, a quantitative research approach that tried to find out how the effect of social interaction on learning achievement with the sampling of 52 respondents. Technique of collecting the data through questionnaire method, interview and documentation were used as complementary data. For instrument testing used Validity test, and Reliability. As for the technique of data analysis using simple linear regression method with T test.

Based on the statistical descriptive analysis it was known that the students of grade V MI Mambaul Ulum Sumber Gempol have a high level of social interaction and learning outcomes. (1) Achievement of social interaction of the students grade V MI Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang equal to 48,08%, while the result of the student of grade V MI Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran equal to 84,62%. The results showed that there was a positive or significant influence between social interaction and learning outcomes of the students grade V MI Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang. Based on the value of T: it was showed that the value of Thitung was 2,120> Ttabel 2,009. It means H0 was rejected and Ha was accepted. So it could be concluded that Social Interaction variable (X) was affected the student learning outcomes MI Mambaul Ulum Sumber Gempol PagelaranMalang variable (Y). (2) While the value of R Squere was to 0,082 or equal to 8,2% which included the definition that the influence of independent variable (social interaction) to dependent variable (learning outcomes) was strong. The number of R square or the determinant coefficient was 0.082 which means that learning outcomes could be explained by social interaction which was 8.2% and the remaining which was 91.8% explained by other variables outside the study.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujtahid, Mujtahid
Keywords: Interaksi Sosial; Hasil Belajar; Social Interaction; Learning Outcomes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 27 Apr 2018 03:06
Last Modified: 27 Apr 2018 03:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10892

Actions (login required)

View Item View Item