Rifandi, Muhammad Sofi (2017) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu pada Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang dipergunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Disisi lain, dengan adanya media audio visual ini guru dapat mengembangkan dan menyampaikan materi pelajaran dengan baik lagi. Selain itu juga, dengan adanya media audio visual siswa diharapkan lebih semangat dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga hasil belajar siswa lebih baik lagi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatkan media pembelajaran IPS Terpadu dalam siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Pasuruan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar pemanfaatkan media pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Terpadu Dalam Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 1 Pasuruan. (3) Untuk mendeskripsikan menjelaskan bagaimana problematika pemanfaatan media pembelajaran IPS Terpadu dalam siswa kelas VII Di MTs Negeri 1 Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan selama tiga bulan.Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan berupa observasi dan wawancara yang menghasilkan data. Data dapat digunakan dengan cara mereduksi data yang relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran guru menggunakan media audio visual dengan memakai LCD yang ada di madrasah, guru bisa menggunakan media belajar dengan menerengkan apa yang ada di foto atau di video tersebut tentang materi pembelajaran yang telah diterangkan. (2) hasil belajar siswa setelah guru memanfaatkan media audio visual pada mata pelajaran IPS terpadu sangat baik sekali. Rata-rata siswa banyak mendapatkan hasil yang baik yaitu dengan nilai 8,5. (3) faktor pendukungnya yaitu dengan adanya fasilitas sarana prasarana yang memadai, motivasi dan etos kerja para pendidik dalam menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual, kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran pendidik dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual di madrasah.
ENGLISH:
Audio visual is one of the learning media that is used in improving student learning outcomes. On the other hand, with the media, the teacher can develop and deliver the subject matter well. In addition, with the audio-visual media, the students are expected to be more spirit in receiving materials that are submitted by teachers. So the student learning outcomes are better.
The purposes of the research are: (1) To describe the implementation of utilization of learning media of Integrated Social Studies Subjects of the Students of Class VII at Public Junior High School 1 of Pasuruan. (2) To know the learning result of the utilization of learning media Integrated Social Studies Subjects of the Students of Class VII at Public Junior High School 1 of Pasuruan. (3) To describe and explain the problems of the utilization of Integrated Social Studies Subjects of the Students of Class VII at Public Junior High School 1 of Pasuruan
To achieve the objectives above, it had used descriptive qualitative approach for three months. The key instruments are the researcher, and the collection techniques used observation and interviews. Data can be used by reducing relevant data, exposing data and drawing conclusions.
The results of the research showed that (1) the implementation of learning media utilization, the teacher uses audio visual media using LCD at school, the teacher can use the learning media by using the photo or the video about the learning material that has been explained. (2) the student learning outcomes after utilizing the audio visual media on integrated Social Science subjects are very well. The average student gets a lot of good results with a value of 8.5. (3) the supporting factors are the facilities of adequate infrastructure, motivation and work ethics of educators in using learning media based on audio visual, the student’s discipline in following the teaching and learning activities in the class. The inhibiting factors are the lack of awareness of educators in the utilization of learning media based on audio visual at school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Audio Visual; Hasil Belajar; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2018 10:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2018 11:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10889 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |