Pengembangan media pembelajaran keping warna pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1 di MIN Sukosewu Blitar

Alvia, Luluk (2017) Pengembangan media pembelajaran keping warna pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1 di MIN Sukosewu Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13140084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan media pembelajaran keping warna merupakan suatu sarana guna membantu memahamkan siswa dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada kelas 1 SD/MI. Materi pokok yang dibahas adalah operasi penjumlahan dan pengurangan. Materi dalam pengembangan ini menjelaskan tentang cara penjumlahan dan pengurangan. Penguasaan terhadap materi ini sangat penting, agar peserta didik dapat menguasai kompetensi dasar dalam pembelajaran Matematika maupun dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan media pembelajaran keping warna pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MIN Sukosewu Blitar. (2) menjelaskan tingkat kelayakan pada media pembelajaran keping warna pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MIN Sukosewu Blitar. (3) menjelaskan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pada siswa kelas 1 MIN Sukosewu Blitar.

Untuk mencapai tujuan di atas, jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan 10 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, validasi, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir, uji pelaksanaan lapangan, desiminasi dan implementasi

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media keping warna pada materi penjumlahan dan pengurangan yang tediri dari dua bentuk yaitu papan dan buku pendamping untuk kelas 1 siswa Sekolah Dasar. (2) hasil uji coba pengembangan media keping warna ini memiliki tingkat kevalidan dari ahli materi/isi 85%, ahli desain 80%, dan ahli pembelajaran 87,5%. Pada tabel kevalidan produk, hasil ini masuk kategori yang sangat layak, artinya tidak memerlukan revisi dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak. (3) perbedaan hasil tes uji coba produk kelas 1 Al-Faraby sebagai kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 83,56, sedangkan hasil tes kelas 1 Al-Ghazali sebagai kelas kontrol menunjukkan rata-rata 78,85. Dari hasil uji-t menunjukkan thitung sebesar 4,513 dan ttabel 1,717. Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kelas eksperimen dengan nilai kelas kontrol atau secara statistic rata-rata nilai kelas eksperimen dengan menggunakan media keping warna lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media keping warna.

ENGLISH:

The development of keping warna media is a means to help students’ understanding in learning Mathematics, especially in first grade of SD / MI. The subjects discussed are the addition and subtraction operations. The materials in this research explain how the addition and subtraction are. Mastering these materials are very important, so that the learners can master the basic competence in learning Mathematics and in living everyday life.

The purposes of this study are: (1) to explain the learning keping warna media on the addition and subtraction operation materials of first grade of MIN Sukosewu Blitar. (2) to explain the feasibility of keping warna media on the addition and subtraction operation materials of first grade of MIN Sukosewu Blitar. (3) to explain the differences of learning result before and after using the media of first grade of MIN Sukosewu Blitar.

The research used Research and Development (R & D), which refers to the development model developed by Borg & Gall. The research steps used were research and initial information collection, planning, initial product, format development, initial test, validation, product revision, field execution test, dissemination and implementation.

The results of this study indicated that, (1) the product produced from this research and development is in the form of keping warna media on the addition and subtraction material consisting of two forms of boards and companion books for Grade 1 of Elementary School, (2) The result of the test of the development of the color chip media has the level of validity of the material / Contents 85%, design experts 80%, and 87.5% learning experts. In the table of validity and product, this result belongs to a very decent category, meaning that it does not require revision and can be implemented in learning activities. The learning media that was developed was valid. (3) the difference of first class product test result of Al-Faraby as the experimental class showed an average of 83.56, while the first class test result of Al-Ghazali as the control class showed an average of 78.85. From the t-test results with manual count shows thitung of 4.513 and ttabel 1.717. So this proves that there is a significant difference between the value of the experimental class and the value of the control class or statistically the average value of the experimental class by using the color chip media higher than the control class that does not use the color chip media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: media keping warna; perbedaan hasil belajar; keping warna; difference of learning result
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 27 Apr 2018 03:05
Last Modified: 27 Apr 2018 03:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10888

Actions (login required)

View Item View Item