Setiawan, Muhammad Arif (2017) Peran komunitas dalam membentuk karakter remaja di Komunitas Tari Gatra Kencana Desa Plandaan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komunitas dalam membentuk pendidikan karakter rejama di Komunitas Tari Gatra Kencana Tulungagung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola komunitas, anggota komunitas dan masyarakat sekitar komunitas. Sebagai informan kunci adalah pengelola yaitu ketua dan pendiri komunitas yang sekaligus sebagai pelatih Komunitas Tari Gatra Kencana Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Trianggulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah trianggulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Komunitas Tari Gatra Kencana memiliki peran: a) sebagai tempat pembelajaran pendidikan karakter kepada remaja melalui pelatihan tari dengan mengajarkan anggota berdisiplin, bekerjasama, sopan santun, tanggung jawab, dan saling menghargai serta mau melestarikan kesenian tradisional, b) sebagai tempat coming out yaitu anggota yang bergabung dalam Komunitas Tari Gatra Kencana pada akhirnya siap keluar dan berkumpul dengan masyarakat, c) tempat tukar informasi yaitu menyampaikan pesan baik berupa materi maupun pesan dari anggota yang berhalangan hadir ataupun penyampaian info-info seputar kesenian tradisional, d) tempat menunjukkan eksistensi yaitu anggota yang bergabung dalam komunitas ini memiliki usaha untuk menunjukkan identitas dan eksistensi di lingkungan masyarakat sekitar yaitu dengan ikut sertanya anggota dalam pementasan seni tari yang dipentaskan dihadapan masyarakat, e) tempat untuk saling menguatkan yaitu apabila ada anggota yang mengalami masalah maka anggota yang lain membantu dengan memberi dukungan dan saling menguatkan. Faktor pendukung pembelajaran pendidikan karakter remaja di Komunitas Tari Gatra Kencana Tulungagung meliputi mutu, dalam hal ini dilihat dari kekompakan anggota, sikap saling menghargai, kerja sama, tempat kegiatan, serta pengelola yang mendukung adanya Komunitas Tari Gatra Kencana Tulungagung. Faktor penghambat dalam pendidikan karakter remaja di Komunitas Tari Gatra Kencana Tulungagung yaitu kurangnya pelatih.
ENGLISH:
This research aimed to describe the community role of forming adolescent's character education in Gatra Kencana Tulungagung Dance Community.
This research uses descriptive qualitative method. Research subject of this research is the community oragnizer, community members, and society around community. The organizer as main informer is the chief, the founder, and also the coach of Gatra Kencana Tulungagung Dance Community. The accumulating data is conducted by interview, observation, and documentation. The main instrument of this research is the researcher hisself with some directives like interview directive, observation directive, and documentation directive. The used strategy in data analysis is data reduction, data apparent, and data verification. The used triangulations to examine validity of data are source triangulation and method triangulation.
The result of research indicates that Gatra Kecana Dance Community has the role as: a) the place of character education learning for adolescent through dance coaching by teaching the members about discipline, cooperation, well mannered, responsibility, appreciative, and preserving traditional art. b) coming out place which describes that the registered members of Gatra Kencana Dance Community should be ready to go out and come together with the society. c) the place of information changing like delivering message of material, the mesaage from the absence member, or delivering information about traditional art. d) the place to show the existence, that the members of this community should have the effort to show their identity and existence in society by performing dance in the middle of society. e) the place to corroborate each other means that if one of the member have some problem, the others will help by giving support. The proponent factor of character education learning for adolescent in Gatra Kencana Tulungagung Dance Community includes quality. This case is seen from togetherness of members, appreciative attitude, cooperation, place of activities, and also the organizer who always support on the existence of Gatra Kencana Tulungagung Dance Community. While the obstruction factor of character education learning for adolescent in Gatra Kencana Tulungagung Dance Community is the lack of coach.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Peran Komunitas; Character Education; Community Role | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2018 10:08 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2018 10:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10887 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |