Rahmawati, Mita (2017) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembentukan karakter siswa di kelas IV Ibnu Athoillah MIN Sumberjati Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13140064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
yang melatar belakangi penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter di Indonesia oleh karena itu merupakan langkah yang positif ketika pemerintah merevitalisasi pendidikan karakter dalam seluruh jenis dan jenjang pendidikan, termasuk dalam pengembangan kurikulum 2013 yang lebih menekankan pada pendidikan karakter terutama pada pendidikan tingkat dasar yang akan menjadi pondasi bagi tingkat selanjutnya. Melalui implementasi kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter untuk mencapai nilai pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 pendekatan dalam pembelajaran yang cocok digunakan adalah pendekatan saintifik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan implementasi pendekatan saintifik dalam pembentukan karakter siswa dan mendefinisikan dampak dari implementasi pendekatan saintifik dalam pembentukan karakter siswa di kelas 4 Ibnu Athoilah MIN Sumberjati Kab Blitar
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teorinya Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Guru sudah merencanakan kegiatan pembelajaran menggunakan Pendekatan Santifik dengan baik yakni mengkaji silabus, mengkaji buku guru, menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan Pendekatan Saintifik(2)Guru sudah melaksanaan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan (5M) dengan baik. (3)Guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi Sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa (4)Dampak dari implementasi pendekatan saintifik dalam pembentukan karakter siswa adalah sangat baik, karakter yang terlihat diantaranya rasa ingin tahu, toleransi, kerja keras, jujur, dan percaya diri.
ENGLISH:
The background of this research is the importance of character education in Indonesia therefore is a positive step when the government revitalizes character education in all types and levels of education, including in the development of the 2013 curriculum that emphasizes character education, especially on basic level education that will be the foundation For the next level. Through the implementation of curriculum 2013 based on competence as well as character-based to achieve the value of knowledge, attitudes, and skills in accordance with the objectives of the 2013 curriculum approaches in learning that is suitable to use is a scientific approach.
The purpose of this study is to know and describe how the planning, implementation, and evaluation of learning with the implementation of scientific approach in the formation of student character and define the impact of the implementation of the scientific approach in the formation of student character in grade 4 Ibnu Athoillahat the elementary school ofSumberjatiBlitar.
To achieve the above objectives, used a qualitative research approach with the type of descriptive research is research that attempts to describe and interpret the object as it is. The key instrument is the researcher himself, and the data collection techniques used are observation, interview, and documentation. Data were analyzed using Miles and Huberman's theories by reducing data, presenting data, and drawing conclusions.
The result of the research shows that (1) the teacher has planned the learning activity using the Scientific Approach well, that is, to study the syllabus, to study the teacher book, to arrange the lesson plans by describing the steps of the Scientific Approach. (2) Teachers have implemented learning using the Scientific Approach which includes observing, questioning, gathering information / trying, associating / communicating (5M) well. (3) Teachers have used authentic judgment to assess competence Attitudes, knowledge and skills of students (4) The impact of the implementation of the scientific approach in the formation of student character is very good, the characters formed include curiosity, tolerance, hard work, honesty and trust self.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pendekatan Saintifik ; Karakter; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2018 10:05 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2018 10:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10885 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |