Jazuli, Muhammad Siroth (2017) Manajemen kelas berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Plus Al-kautsar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fultext)
13140048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manajemen kelas berbasis multiple intelligences merupakan pengelolaan kelas meliputi pengelolaan fisik, psikologis dan organisasional dengan memperhatikan sepenuhnya berbagai macam kecerdasan yang dimiliki oleh siswa. Manajemen kelas berbasis multiple intelligences bertujuan untuk mengatasi hambatan-hambatan belajar yang dialami oleh siswa karena latar belakang kecerdasan yang beragam. Kecerdasan dalam multiple intelligences terbagi menjadi 8 macam kecerdasan, antara lain: kecerdasan linguistik, logis-matematis, kinestetik, musikal, visual-spasial, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Penerapan manajemen kelas berbasis multiple intelligences dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Plus Al-Kautsar Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui dan memahami manajemen kelas fisik berbasis Multiple Intelligences pada siswa kelas V di SD Plus Al-Kautsar Malang, (2) Mengetahui dan memahami manajemen kelas psikologis berbasis Multiple Intelligences pada siswa kelas V di SD Plus Al-Kautsar Malang, (3) Mengetahui dan memahami manajemen kelas organisasional berbasis Multiple Intelligences pada siswa kelas V di SD Plus Al-Kautsar Malang.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian bersifat kualitatif menurut Bogan dan Taylor dengan jenis penelitian deskriptif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dari sumber data yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kelas fisik berbasis multiple intelligences pada siswa kelas V di SD Plus Al-Kautsar Malang adalah meliputi penataan perlengkapan kelas, meja dan kursi, pajangan kelas, warna dalam kelas, ventilasi serta pencahayaan kelas (2) Manajemen kelas psikologis berbasis multiple intelligences pada siswa kelas V di SD Plus Al-Kautsar Malang adalah meliputi pengelompokan belajar berdasarkan kemampuan siswa, pengelompokan belajar berdasarkan minat siswa pemberian musik dalam kelas dan pemberian aroma terapi dalam kelas (3) Manajemen kelas organisasional berbasis multiple intelligences pada siswa kelas V di SD Plus Al-Kautsar Malang adalah meliputi pengelolaan pembelajaran, pengelolaan penyampaian materi pelajaran, pengelolaan pembagian kelas, pengelolaan strategi dan metode pembelajaran berbasis multiple intelligences, pengelolaan penilaian pembelajaran berbasis multiple intelligences dan pengelolaan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
The management of multiple intelligences based class refers to manage the class, including, physical, psychological, and organizational management in accordance with numerous students’ intelligences. This aims to overcome several learning obstacles which are experienced by students since they have various intelligences. There are 8 categories in multiple intelligences, they are; musical-rhythmic, visual-spatial, verbal-linguistic, logical-mathematical, bodily-kinesthetic, interpersonal, intrapersonal, and naturalistic. The application of this class management might improve students’ outcomes in 5th grade at SD Plus Al-Kautsar.
The purpose of this research is to explore and understand the physical, psychological, and organizational class management with multiple intelligences based-class in 5th grade at SD Plus Al-Kautsar Malang.
The research used a qualitative method based on Bogan and Taylor which yields either textual or verbal data to describe and explain systematically, factually and accurately from the secondary data.
The results of the research show that : (1) Class management with physical multiple intelligences based class in 5th Grades at SD Plus Al-kautsar Malang covers class tools, desks, chairs, class color, vantilation, and lighting system, (2) Class management with phycological multiple intelligences based class in 5th Grades at SD Plus Al-kautsar Malang covers group study based on students’ ability, group study based on music ability and distribution of aroma therapy, (3) Class management with organizational multiple intelligences based class in 5th Grades at SD Plus Al-kautsar Malang covers learning management, material presentation management, class distribution management, strategy management and teaching method with multiple intelligence based-learning learning assessment management in accordance with multiple intelligences as well as the management of students’ outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kelas; Multiple Intelligences; Hasil Belajar; Class Management; Multiple Intelligences; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2018 10:05 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2018 10:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10879 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |