Islamiyah, Tsuaibatul (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli mata pelajaran IPS materi proses persiapan Kemerdekaan Indonesia kelas VIII di MTs Nurul Ulum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli ini didasarkan pada kenyataan dilapangan bahwa siswa menganggap pelajaran IPS adalah pelajaran yang membosankan karena sebagian besar materinya berisi deskriptif dan biasanya guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa banyak mengantuk disaat pelajaran. Belum lagi tidak adanya media yang mendukung siswa menjadi lebih tertarik saat pembelajaran IPS.Untuk itu dengan adanya media pembelajaran berbasis permainan monopoli IPS ini dapat membantu siswa untuk lebih giat dan semangat serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan bahan ajar berupa media pembelajaran, (2)Mengetahui kevalidan media pembelajaran, (3) Mengetahui perbandingan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), untuk menghasilkan produk bahan ajar.Subyek penilaian produk untuk kelayakan bahan ajar modul terbatas pada 3 ahli yaitu ahli isi, ahli media, dan ahli pembelajaran.Sasaran uji coba produk yaitu siswa kelas VIII MTs Nurul ulum Malang.
Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar berupa media pembelajaran berbasis prmainan monopoli IPS ini menghasilkan produk cetak yang menyerupai permainan monopoli yang semua komponennya bertemakan materi proses persiapan kemerdekaan Indonesia. Dari analisis paparan data memiliki tingkat kelayakan dengan hasil validasi ahli isi mencapai tingkat kevalidan 95% menyatakan sangat valid, ahli media mencapai tingkat kevalidan 80% menyatakan valid, ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 75% menyatakan valid.Nilai rata-rata post-test kelas kontrol mencapai 72,5% dan nilai rata-rata post-test kelas ekserimen mencapai 79,1%. Pada uji gain score dapat diketahui bahwa kelas kontrol mengalami peningkatan sebanyak 14,3%, sedangkan kelas eksperimen 19,7%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas menggunakan media pembelajaran berbasis monopoli IPS lebih meningkat dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis monopoli IPS.
ENGLISH:
The Development of Learning Media Based on Monopoly Game is based on reality that students thought that social science was a boring subject. It is because almost all material contains of descriptive. Also, the teacher used a lecture method so that the students felt sleepy.There was also no media to make the students interested. The existence of this learning media can help the students to study harder enthusiastically and also improve students learning outcomes.
The aim of this research is: (1) Produce a teaching materials in learning media form; (2)Know the validity of learning media; (3) Know the ratio of control class and experiment class result.
Method that is used in this research is Research and Development (R&D) method, to create a teaching material. Subject of product assessment for the worthiness of this learning media is divided by 3 experts: content expert, media expert, and learning expert.The target of product trial are the students of grade 8 Islamic Junior High School Student NurulUlum Malang
The result of this research is produce 3D product resemble as monopoly game. The difference is this learning media have a material of Indonesia Freedom preparationstheme. The result of this development research in the form of monopoly game has the level of eligibility by: contain expert validity is 95%, media expert validity is 80%, and learning expert validity is 75%. The average of control class post-test result is 72.5 and experiment class post-tes result is 79.1. On gain score try out knowed that control class was increasing 14.3%, while experiment class was 19.7%. it can be concluded that learning outcome of class using learning media based on social science monopoly game is more increasing than class which is not using learning media based on social science learning media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Permainan Monopoli; IPS; Learning Media; Monopoly Game; Social Science | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2018 09:48 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2018 10:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10874 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |