Iswanto, Nanang (2017) Pola pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) untuk menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13110202.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu merupakan lembaga pendidikan yang berbasis boarding school dengan memiliki konsep “Nusantara kecil”, dimana siswa yang menimba ilmu disana ialah siswa yang berasal dari berbagai daerah yang memiliki suku, agama, budaya dan ras yang berbeda-beda. Sehingga konsep “Nusantara kecil” harus diiringi dengan penanaman nilai-nilai multikultural terhadap pembelajaran agama islam terhadap siswa yang beragama muslim. Dengan adanya penanaman nilai-nilai multikultural melalui pola pembelajaran pendidikan agama Islam maka akan meminimalir adanya sikap intoleransi, fanatik dan radikal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang mendalam yakni 1) keberagaman dan tingkat keberagamaan siswa, 2) pola pembelajaran pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural, dan 3) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Selamat Pagi Indonesia Bumiaji Kota Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitaif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi : observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama,Keragaman siswa SMA Selamat pagi Indonesia Kota Batu yakni 40% Islam, 20% Kristen, 20%Katholik, 10% Hindu dan 10% Budha.Sedangkan tingkat keberagamaan siswa dalam aspek pemahaman ajaran, ketaatan dalam ajaran agama, dan sikap toleransi sudah menunjukan tertanam dalam kebiasaan siswa dalam berperilaku, tetapi keistiqomahan dalam pengamalanya masih kurang maksimal.Kedua,Pola pembelajaran pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Selamat Pagi Indonesia Bumiaji Kota Batu yakni ada dua pola a).Direct Instrution (DI) pembelajaran langsung secara tatap muka dalam proses belajar mengajar (PBM) yang dilakukan oleh Guru PAI dalam memberikan pemahaman materi secara integratif denganPBM, kegiatan devisi dan peraturan boarding school, b). Indirect Instrution (II) pembelajaran tidak langsung dimana Guru PAI sebagai konselor terhadap masalah yang dihadapi siswa di luar PBM.Ketiga,Faktor pendukung pola pembelajaran pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Selamat Pagi Indonesia Bumiaji Kota Batu yakni Kerjasama semua komponen sekolah, Lingkungan sekolah yang multikultur, Sarana berupa asrama, Sekolah memberikan keluasaan bagi siswa dalam mengembangkan potensi sedangkan faktor penghambat yakni Adaptasi siswa pada awal masuk sekolah, Jiwa sosial yang kurang, Kegiatan ekstra yang padat.
ENGLISH:
SMA Selamat Pagi Indonesia Batu is an educational institution based on boarding school with the concept of " Nusantara kecil ", with different regions of the students that have different tribes, religions, cultures and races. So the concept of " Nusantara kecil " must be accompanied by planting of multicultural values of Islamic religious learning to the Muslim students. So it will minimize the attitude of intolerance, fanatical and radical towards Muslimstudents who. The research aims at obtaining a deep picture about 1) the diversity and diversity of students, 2) the pattern of Islamic education learning in instilling multicultural values, and 3) supporting and inhibiting factors of patterns of Islamic education in instilling multicultural values at SMA Selamat Pagi Indonesia Batu.
The research used a qualitative approach with descriptive qualitative type with data collection techniques that included: observation, interview and documentation. The data collected were analyzed by data reduction, data presentation, and conclusion.
The research results showed tha. First, the religiousity of SMA Selamat Pagi Indonesia Batu are 40% Islam, 20% Christian, 20% Catholic, 10% Hindu and 10% Buddhist level of religion of students in aspects of understanding the lesson, religious obedience, and tolerance attitude embedded habits of students in the behavior, but the diligence of his practice is still not maximized Second, the pattern of learning of Islamic religious education in instilling multicultural values there are two patterns a). Direct Instrution (DI) of face-to-face learning by PAI Teachers in integrative material comprehension with PBM, division and boarding school regulations, b). Indirect Instrution (II) indirect learning where PAI Teachers as counselors to problems faced by students outside PBM. Third, the pattern of learning Islamic religious education in instilling multicultural values is Cooperation of all components of the school is a supporting factor, A multicultural school environment, Means of dormitory, empowerment for students is given School to develop potential but the inhibiting factor is Adaptation of students when early school entry, The less social soul, Extra solid activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Nilai-nilai Multikutural; The Patterns of Learning; Multicultural Values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2018 09:42 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2018 09:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10868 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |