Sumiyati, Sumiyati (2017) Sistem pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (FullText)
12110127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Sistem memiliki karakteristik sebagai berikut: Pertama, setiap sistem pasti meiliki suatu tujuan. Kedua, sistem selalu mengandung suatu proses.Sistem bukan hanya merupakan cara, tetapi ia mencakup keterlibatan seluruh komponen-komponen pembentuknya, yang diarahkan untuk mencapai tujuan. Suatu sistem memiliki ukuran dan batas relatif. Dapat terjadi suatu sistem tertentu pada dasarnya merupakan subsistem dari suatu sistem yang lebih luas.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid, (2) Untuk mendeskripsikan kurikulum pembelajaran Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid, (3) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid, (4) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci, dan mendalam pada kasus yang terjadi di Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedagkan analisis data digunakan reflektif thinking dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Serta pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, trianggulasi, dan ketekunan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan di Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid dalam sistem pembelajarannya menunjukkan Sistem pembelajaran pada Madrasah Diniyah sudah baik. Mulai perencanaan hingga evaluasi pembelajaran. Diantaranya (1) Melakukan perencanaan dengan baik dan matang untuk mewujudkan tercapainya tujuan yang diharapkan.(2) Kurikulum terpadu antara kurikulum pemerintah dan kurikulum pesantren. Jadi keduanya saling berkesinambungan satu sama lain. (3)Dalam penggunaan strategi/ metode dalam pembelajaran sudah di aplikasikan dengan berbagai variasi yang sudah terbukti sangat membantu dalam meningkatkan ke efektifan dalam belajar, dan mampu membuat sumber belajar sendiri. (4) Kerjasama dan koordinasi yang selama ini sudah terjalin dengan baik terus di tingkatkan setelah di lakukannya evaluasi. Didalam pelaksanaanya harus terus dikawal bersama-sama.
ENGLISH:
System is a unity of components that interrelate and interact each other to achieve an optimally expected results according with the intended purpose. The system has the following characteristics as follow: First, each system must have a purpose. Second, the system always contains a process. The system is not only a way, but it includes the involvement of all the constituent components, which are aimed to achieve goals. A system has relative sizes and limits. It can make a certain system that is basically a subsystem of a wider system.
The objectives of the research are: (1) To describe the learning objectives of Islamic School at Islamic Boarding School of Nurul Jadid, (2) To describe the learning curriculum of Islamic School at Islamic Boarding School of Nurul Jadid, (3) To describe learning strategy of Islamic School at Islamic Boarding School of Nurul Jadid, (4) To describe the learning evaluation of Islamic School at Islamic Boarding School of Nurul Jadid.
The research approach used qualitative approach with case study type that goes to the field to conduct intensive, detailed, and deep observation on case that are happened of Islamic School at Islamic Boarding School of Nurul Jadid. Data collecting technique used observation, interview and documentation . The data analysis used reflective thinking with data reduction measures, data presentation and data verification as well as checking the validity of the findings used extension of observation, triangulation, and observational persistence.
The research results showed that the learning system is good, start from planning until the evaluation of learning. Namely (1) doing good and maturely planning to realize the achievement of the expected goals, (2) an integrated curriculum between the government curriculum and the curriculum of Islamic boarding school. So both have the same purposes. (3) In the use of strategies / methods of learning has been applied with various variations that have been proven in improving the effectiveness in learning, and able to create the learning resources. (4) Cooperation and coordination have been established well and improved continuously after the evaluation. It must continue to be escorted together in the implementation
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sistem Pembelajaran; Madrasah Diniyah; The Learning System; Islamic School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 23 May 2018 12:33 | ||||||
Last Modified: | 23 May 2018 12:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10864 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |