Implementasi metode bil qalam dalam pembelajaran Al-Qur’an sebelum KBM dimulai dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di SMP Islam Sabilurrosyad Gasek Kota Malang

Safitra, Martha Agung (2018) Implementasi metode bil qalam dalam pembelajaran Al-Qur’an sebelum KBM dimulai dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di SMP Islam Sabilurrosyad Gasek Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (FullText)
13110056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam yang sudah tidak ada keraguan di dalamnya. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam. Al-Qur’an sebagai kitab suci yang pertama kali diturunkan Allah, melalui Malaikat Jibril merupakan wahyu pertama yang disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw adalah perintah untuk membaca Al-Qur’an.

Dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an diperlukan sebuah metode. Sebab, metode mempunyai peranan sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran membaca Al-Qur’an di Indonesia sudah berkembang dan sangatlah beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah metode Bil Qalam.

Metode Bil Qalam merupakan metode yang mengenalkan cara membaca Al-Qur’an dengan talqin-taqlid (menirukan), yaitu peserta didik menirukan bacaan gurunya. Dengan demikian metode Bil Qalam bersifat teacher-centris, dimana posisi guru sebagai sumber belajar atau pusat informasi dalam proses pembelajaran

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Bil Qalam pada siswa (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Bil Qalam pada siswa (3) Mengetahui hasil pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Bil Qalam pada siswa. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini ditujukan bahwa proses pembelajaran Al-Qur’an untuk siswa dengan menggunakan metode Bil Qalam dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil yang diperoleh adalah kemampuan membaca Al-Qur’an siswa selama menggunakan metode Bil Qalam mengalami peningkatan yang baik.

ENGLISH:

Al Qur’an is a guidance for Islamic members’ life which is never be doubted. That is why al Qur’an is really important for Islamic members. Al Qur’an as the first pure book that is given by Allah which is sent by Jibril to Muhammad SAW. At the first time, the command is about reading the Qur’an.

In the learning process of reading the Qur’an, it is needed a method because it is an important aspect to reach the purpose of the learning. In Indonesia, the method of reading Al Qur’an learning is develop and various, one of them is Bil Qalam method.

Bil Qalam method is a method that is introducing the way of reading Al Qur’an by talqin-taqlid (imitating), in which the students will be asked to imitate the teacher’s reading. Thus, Bil Qalam method is included into teacher-centre, in which the teacher will be the learning source or the information centre in the learning process.

The researcher is interested to take the object in SMP Islam Sabilurrosyad that is in Jalan Candi 6C, Gasek Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang because of the habit of the students which is always reading Al Qur’an before learning activity is started in every morning.

The aims of this research are: (1) to know the lesson plan of Al Qur’an learning for the students which uses Bil Qalam, (2) to know how Al Qur’an learning activity for the students is occurred by using Bil Qalam method, (3) to know the result of Al Qur’an learning for the students using Bil Qalam method. To achieve it all, the researcher uses a qualitative research which uses a descriptive qualitative approach. To collect the data, it uses an observation, interview and documentation.

The results of this research are showing that Al Qur’an learning process which uses Bil Qalam method, for the students, is done by planning, implementing and resulting. Here, the result that is gotten is that the ability of reading skill of the students are raising to be better as long as it uses Bil Qalam method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Al-Qur’an; Pembelajaran Al-Qur’an; Metode Bil Qalam; Al Qur’an; Al Qur’an Learning; Bil Qalam Method
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zuhria Sulkha Amalia
Date Deposited: 23 May 2018 05:58
Last Modified: 23 May 2018 05:58
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item